get app
inews
Aa Read Next : Polres Berau Ungkap Penyelundupan 2,3 Ton Pertalite, Pelaku Raup Untung Jutaan Rupiah

Pertalite Dihapus Tahun Depan Digantikan Pertamax Green 92, Ini Campurannya

Rabu, 30 Agustus 2023 | 18:55 WIB
header img
Pertalite akan dihapus tahun depan digantikan Pertamax Green 92. (Foto: ilustrasi/okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pertalite akan dihapus pemerintah mulai tahun depan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tersebut, PT Pertamina menyiapkan BBM Pertamax Green 92.

Pertamax Green 92 merupakan bahan bakar jenis baru yang akan diproduksi Pertamina. BBM ini diklaim menyesuaikan dengan aturan tentang polusi udara.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, Pertamax Green 92 merupakan campuran setara Pertalite dengan etanol sebanyak 7 persen. Campuran kedua bahan ini membuat Research Oktan Number (RON) akan naik dari yang semula 90 menjadi 92. 

Peningkatan RON ini memenuhi aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang BBM yang boleh dijual di Indonesia sejatinya paling minim yakni bensin kualitas oktan 91. 

"Pertamax Green 92 sudah sangat pas dari aspek lingkungan. Kedua mandatori bioetanol, bioenergi bisa kita penuhi dan ketiga kita menurunkan impor gasoline," jelasnya dalam rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Rabu (30/8/2023). 

Nicke berharap, kehadiran Pertamax Green ini akan meningkatkan investasi di sektor bioenergi. Apalagi pemeritah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 40 Tahun 2003 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel). 

"Kita berharap ada tambahan supply 1,2 juta kl untuk campuran gasoline ini," imbuhnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut