get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Perbandingan Elektabilitas AHY dan Cak Imin, Anies Baswedan Bikin Blunder?

Sabtu, 02 September 2023 | 12:57 WIB
header img
Perbandingan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (foto: kolase)

Seperti hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 3-9 Agustus 2023 menunjukkan jika responden lebih menginginkan AHY mendampingi Anies Baswedan dengan persentase 22,2 persen.

Sedangkan Cak Imin hanya mendapatkan dukungan 2,6 persen responden. Mantan Menaker itu bahkan kalah dari Khofifah Indar Parawansa yang meraih 9,2 persen. 

Survei LSI melibatkan 1.220 responden dengan margin of error  sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling). 
Hasil tidak jauh beda juga terlihat dalam survei yang digelar Indikator Politik Indonesia pada 15-21 Juli 2023 lalu. Dari 34 nama yang disurvei, AHY menempti urutan keenam dengan 1,2 persen dukungan responden. 

Sedangkan Cak Imin tercecer di peringkat 17 dengan elektabilitas 1 persen. Sementara saat simulasi 10 nama, AHY ada di peringkat 6 dengan 1,4 persen sedangkan Cak Imin turun menjadi 0,2 persen.

Survei itu menggunakan 1.811 responden dengan toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.35% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden berasal dari seluruh 38 provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut