get app
inews
Aa Read Next : Pramono Anung Dapat Restu Megawati Maju di Pilgub Jakarta, PDI Perjuangan Batal Usung Anies Baswedan

Hasil Survei Pilkada Jakarta 2024: Elektabilitas Anies Baswedan dan Ahok Teratas

Kamis, 25 Juli 2024 | 16:42 WIB
header img
Elektabilitas Anies Baswedan menempati urutan teratas hasil survei Pilkada Jakarta 2024 yang digelar Indikator Politik Indonesia. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hasil survei Pilkada Jakarta 2024 masih menempatkan nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di urutan teratas.

Elektabilitas kedua tokoh yang pernah bertarung di Pilkada Jakarta 2019 lalu itu mendominasi berdasarkan hasil suveri yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI) pada periode 18-26 Juni 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan jika IPI mencoba mengukur tingkat keterpilihan atau elektabilitas kedua tokoh.

Dia menemukan fakta jika elektabilitas Anies Baswedan melonjak jika dibandingkan pada Pilkada Jakarta 2019 lalu. 

"Suara Mas Anies itu nambah dari 43 ke 52 persen," ungkap Burhanuddin dalam pemaparan hasil survei secara daring, Kamis (25/7/2024). 

IPI juga memetakan peningkatan elektabilitas Ahok. Jika pada Pilkada Jakarta 2019 lalu Ahok mendapat suara 32 persen, kali ini naik menjadi 42 persen. Hal ini ditemukan IPI ketika menyodorkan tiga nama yakni Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil.

"Terjadi peningkatan elektabilitas tapi selisihnya masih lumayan 10 persen. Termasuk ketika tiga nama ketika masih ada RK (Ridwan Kamil)," jelasnya. 

Survei ini dilakukan IPI pada tanggal 18-26 Juni 2024, dengan melibatkan 800 responden warga Jakarta yang memiliki hak pilih. 

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error yang diterapkan sebesar ±3,5%, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut