get app
inews
Aa Read Next : Pramono Anung Dapat Restu Megawati Maju di Pilgub Jakarta, PDI Perjuangan Batal Usung Anies Baswedan

MK Ubah Aturan Pilkada, PDI Perjuangan Bisa Usung Calon di Pilgub Jakarta 2024

Selasa, 20 Agustus 2024 | 14:13 WIB
header img
Putusan MK membuka pintu PDI Perjuangan mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Pilgub Jakarta 2024. (foto: ilustrasi/dok)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Angin segar berhembus dari Mahkamah Konstitusi (MK). Hakim konstitusi mengubah aturan Pilkada yang memperbolehkan partai atau gabungan partai politik peserta pemilu bisa mengajukan calon kepala daerah meski tidak punya kursi DPRD.

Putusan perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 atas gugatan yang diajukan Partai Buruh dan Partai Gelora itu dibacakan dalam sidang di Gedung MK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). MK menyatakan Pasal 40 ayat (3) UU Pilkada inkonstitusional. Berikut bunyi isi pasal yang belum diubah itu:

"Dalam hal Partai Politik atau gabungan Partai Politik mengusulkan pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ketentuan itu hanya berlaku untuk Partai Politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah," bunyi putusan MK.

MK menurunkan syarat perolehan suara parpol untuk mengusung pasangan calon maksimal 10 persen. Hal ini berlaku untuk provinsi dengan jumlah pemilih 2 juta jiwa.

Sementara untuk provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat  pada daftar pemilih lebih dari 12 juta jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 6,5% di provinsi tersebut. 

Putusan ini secara otomatis mengubah peta politik Pilkada Serentak 2024 khsususnya Pilgub Jakarta 2024. Partai politik bisa mengusung pasangan calon di Pilkada Jakarta dengan persentase suara minimal 7,5 persen mengingat jumlah DPT 8,2 juta jiwa.

Putusan ini membuat kans PDI Perjuangan mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur kembali terbuka lebar. Partai berlambang banteng itu mengantongi 14 persen suara di parlemen.

PDI Perjuangan bisa mengusung pasangan calon untuk menantang jagoan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil-Suswono yang mengumpulkan 83 persen suara.

"Pastinya PDI Perjuangan akan mencalonkan Cagub-Cawagub di Provinsi DK Jakarta dan Provinsi lainnya," kata kata Juru Bicara PDIP Chico Hakim, Selasa (20/8/2024).

Berdasarkan amar putusan MK, parpol atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan sebagai berikut: 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut