get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Kocar-kacir Disergap Pasukan TNI, 3 Anggota KKB Egianus Kogoya Tewas Tertembak di Nduga

Minggu, 03 September 2023 | 12:50 WIB
header img
Pasukan TNI menembak mati 3 anggota KKB dalam penyergapan di Nduga, Papua. (Foto : ilustrasi/militer.id

NDUGA, iNewsKutai.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kelompok Egianus Kogoya kocar-kacir disergap pasukan TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Taipur Kostrad, Satgas Yonif Mekanis Raider 411, dan Satgas Elang.

Penyergapan dilakukan di markas KKB Kodap III Ndugama di Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Papua pada 1 September 2023 lalu. Akibatnya, tiga orang anggota KKB tewas tertembak.

Mereka adalah Army Tabuni (Danyon Aluguru), Ganti Gwijangge, dan satu orang lainnya yang belum terindentifikasi. Selain itu pasukan TNI juga menyita sejumlah senjata api dan amunisi dalam penyergapan yang dipimpin Mayor Cosmos.

"Penyergapan ini merupakan hasil operasi selama berhari-hari dan dimulai sejak 17 Agustus 2023 lalu saat Satgas memergoki anggota KKB," jelas Mayor Cosmos dalam keterangannya, Minggu (3/9/2023).

Dia menjelaskan, saat itu, drone patroli Tim Taipur melihat 4 anggota TPNPB bersenjata laras panjang menyusuri sungai. Mereka datang dari arah PT Delarosa menuju Camp Matoa Belakang.

Satgas TNI kemudian mendeteksi aktivitas mencurigakan di sekitar tepi sungai pada 28 Agustus dan diputuskan melakukan operasi. Pada 31 Agustus 2023, sebanyak 94 personel melakukan penyusupan menuju pos Matoa jelang malam. 

Penyergapan kemudian dilakukan pada 1 September 2023, pukul 03.16 WIT dan terlibat kontak senjata yang mengakibatkan tewasnya 3 anggota TPNPB. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut