get app
inews
Aa Read Next : Inflasi Kalimantan Timur pada Januari 2,95 Persen, Ini Penyebabnya

Terkendala Geografis, 187 Desa di Kalimantan Timur Belum Teraliri Listrik 

Senin, 18 September 2023 | 10:59 WIB
header img
Sebanyak 187 desa di Kalimantan Timur belum menikmati aliran listrik. (Foto: ilustrasi/ant)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Masyarakat Kalimantan Timur belum sepenunhnya bisa menikmati listrik. Tercatat, hingga 2023, masih ada sekitar 187 desa di Kaltim yang belum teraliri listrik.

Penyebab utamanya adalah kendala geografis yang menyulitkan utilitas PLN maupun pembangkit listrik mandiri menjangkau wilayah tersebut. Desa-desa yang belum teraliri listrik tersebut kini menjadi fokus Pemprov Kaltim.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan, jumlah desa dan kelurahan di Benua Etam mencapai 1.038. Dari jumlah tersebut, sebanyak 851 desa/kelurahan sudah tersambung listrik PLN maupun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal. 

Sementara, masih ada 187 desa yang belum teraliri listrik. Isran mengatakan, untuk tahun ini, ditargetkan sebanyak 32 desa akan kembali tersambung dengan listrik PLN maupun menggunakan PLTS.

"Kalau kelurahan sudah semua tersambung listrik. Mulai yang dibangun PLN maupun Pemprov Kaltim. Tahun ini ada tambahan 32 desa lagi," ujar Isran Noor dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Senin (18/9/2023).

Isran menegaskan, Pemprov Kaltim sangat komitmen memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, namun tentu tidak langsung sekaligus tetapi bertahap.

Dia pun meminta masyarakat desa yang belum teraliri listrik untuk bersabar karena sudah dalam proses perencanaan. "Terima kasih PLN sudah membantu Pemprov Kaltim. Semoga, bisa dituntaskan sambungan desa yang belum teraliri listrik," pesannya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut