Logo Network
Network

Bandara APT Pranoto Buka Rute Penerbangan Samarinda-Makassar, Ini Jadwalnya

Emy Adawiyah
.
Kamis, 21 September 2023 | 09:54 WIB
Bandara APT Pranoto Buka Rute Penerbangan Samarinda-Makassar, Ini Jadwalnya
Bandara APT Pranoto akan melayani penerbangan ke Makassar, Oktober mendatang. (foto : ilustrasi/istimewa)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Kabar gembira bagi pengguna jasa layanan Bandara APT Pranoto Samarinda. Terhitung mulai Oktober 2023, bandara di Sungai Siring itu akan melayani rute penerbangan dari dan menuju Makassar.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPBU APT Pranoto Samarinda Agung Pracayanto saat melakukan audiensi dengan Wali Kota Andi Harun, Rabu (20/9/2023).

Agung menjelaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyetujui rute penerbangan Samarinda-Makassar pulang pergi (PP). 
"Ini berkat kerja keras wali kota sehingga surat permintaan penambahan penerbangan direspons Dirjen Kemenhub hingga akhirnya dibuka rute penerbangan dari Samarinda menuju Makassar,"jelas Agung, Rabu (21/9/2023).

Sesuai jadwal, rute penerbangan ini akan dibuka mulai 28 Oktober mendatang. Maskapai yang melayani rute ini nantinya adalah Super Air Jet. Namun, Agung mengaku belum bisa memastikan slot penerbangan apakah setiap hari atau berapa kali dalam sepekan.

"Kami masih menunggu informasi ini dari operator termasuk list harga tiket menuju Makassar nanti. Harapan kita maskapai ini bisa melayani setiap hari seperti Samarinda - Yogyakarta yang sebelumnya seminggu hanya tiga kali sekarang sudah bisa setiap hari," ujarnya.

Sebelumnya, masyarakat yang berdomisili di Samarinda, Kutai Timur, dan Bontang maupun Kutai Kartanegara serta Kutai Barat, harus melalui Bandara Sepinggan Balikpapan jika ingin menuju Kota Makassar.

Hal tersebut tidak efektif mengingat jarak tempuh yang cukup jauh dibandingkan melalui Bandara APT Samarinda.

Selain itu, Agung menyebut jika pekerjaan rumah (PR) saat ini adalah membuka rute penerbangan dari Samarinda menuju Banjarmasin. Hal ini untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang yang permintaannya cukup tinggi.

Wali Kota Andi Harun berharap, rute penerbangan Samarinda-Makassar bisa menggenjot pelayanan keberangkatan maupun kedatangan melalui bandara APT Pranoto Samarinda. 

"Semoga ini menjadi awal dari meningkatnya jumlah penerbangan di Bandara APT Pranoto dan memperlancar mobilitas masyarakat,"ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.