get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Ketua Dewan Adat Dayak Kaltim Harap Kepala Otorita IKN Nusantara Putra Daerah Kalimantan

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:35 WIB
header img
Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Zainal Arifin. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah resmi ditetapkan di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara, pekan lalu. Kini, pertanyaan selanjutnya adalah siapa sosok yang akan dipilih Presiden Joko Widodo memimpin kepala otorita ibu kota baru.

Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Zainal Arifin berharap, sosok yang ditunjuk oleh presiden tidak hanya memiliki kemampuan manajerial pemerintahan namun juga mengetahui budaya kultural Kalimantan Timur yang dipilih menjadi lokasi ibu kota baru.

Baca juga: Viral, Edy Mulyadi Diduga Hina Kalimantan: Sebut Tempat Jin Buang Anak

"Akan lebih tepat lagi jika sosok yang dipilih berasal dari Kaltim sebagai putra daerah yang mengetahui dengan pasti bagaimana adat istiadat budaya setempat agar proses pembangunan IKN ini tidak mengundang friksi di masa depan," jelasnya, Minggu (23/1/2022).

Zainal Arifin yang juga anggota DPD RI Dapil Kaltim ini menjelaskan, Kaltim dikenal sebagai wilayah yang sangat beragam. Tidak hanya dihuni suku seperti Dayak, Paser,  Kutai dan Banjar, namun juga kaya dengan suku dari wilayah lain seperti Bugis, Makassar, Jawa, Timor, Manado, hingga Batak.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Sebut Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Sudah Dikantongi Jokowi

"Sosok yang ditunjuk harus paham dengan keberagaman ini dan bisa diterima seluruh masyarakat yang ada di  Kaltim/Kalimantan. Ini sangat penting untuk memastikan pembangunan IKN mendapat dukungan penuh. Jadi kami berharap agar pemilihan sosok pemimpin harus hati-hati dan sebisa mungkin mengakomodasi potensi lokal Kaltim," tegasnya.

Menurutnya, sejumlah tokoh asal Kalimantan yang layak dipertimbangkan Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin IKN Nusantara antara lain mantan gubernur Kalteng sekaligus anggota DPD RI AgustinTeras Narang, Wakil Ketua DPD Mahyudin, dan anggota DPR Cornelis yang juga mantan gubernur Kalbar.

Selain itu, ada mantan Bupati Malinau sekaligus anggota DPD RI Marthin Billa, mantan Bupati Kutai Barat yang juga anggota DPR Ismail Thomas, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Baca juga: Profil Edy Mulyadi, Sebut Kalimantan Tempat Jin Buang Anak dan Hina Prabowo Subianto

Sekadar diketahui, ada empat nama calon pemimpin IKN Nusantara yang saat ini mengemuka mulai dari Basuki Tjahja Purnama, Bambang Brodjonegoro, Abdullah Azwar Anas, dan Tumiyana.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut