get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Survei Capres Terbaru: Simulasi 3 Pasangan Calon, Elektabilitas Anies Baswedan Paling Buncit

Sabtu, 30 September 2023 | 19:57 WIB
header img
Elektabilitas Anies Baswedan paling buncit pada survei capres terbaru yang dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia. (Foto: ilustrasi/DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hasil survei calon presiden yang digelar Indikator Politik Indonesia menunjukann jika elektabilitas Anies Baswedan belum mampu menandingi dua kompetitornya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Dalam survei terbaru yang dipaparkan IPI, elektabilitas Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar hanya sebesar 21,5 persen. Persentase tersebut berbanding jauh dibandingkan Prabowo Subianto yang mencapai 33 persen.

Sementara Ganjar Pranowo perkasa di peringkat teratas dengan dengan elektabilitas 37,4 persen.

Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, hasil tersebut terlihat saat IPI melakukan simulasi pertarungan tiga calon yang berpotensi menjadi capres. 

"Dari tiga nama yang disebut menjadi capres, Ganjar unggul atas Prabowo dan Anies," jelas Burhanuddin dalam paparan hasil surveinya secara daring, Sabtu (30/9/2023). 

Menurutnya, masih ada 8,2 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Survei IPI ini dilakukan pada 25 Agustus-3 September 2023 di seluruh wilayah Indonesia melibatkan sebanyak 4.090 respoden. Dengan menggunakan multistage random sampling, margin of error yang diterapkan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id pada 30 September 2023

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut