Logo Network
Network

Hari Ini, Presiden Joko Widodo Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara

Emy Adawiyah
.
Rabu, 01 November 2023 | 06:01 WIB
Hari Ini, Presiden Joko Widodo Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan groundbreaking bandara VVIP IKN Nusantara hari ini. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan groundbreaking bandara VVIP IKN Nusantara di Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (1/11/2023) hari ini.

Bandara yang khusus untuk melayani penerbangan VIP dan VVIP ini diharapkan akan menunjang aksesbilitas ibu kota baru yang ditargetkan mulai beroperasi tahun depan.

"Agenda Presiden di Kaltim salah satunya melakukan groundbreaking bandara VVIP," jelas Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Selasa (31/10/2023). 

Bandara yang dibangun untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan IKN ini akan memiliki runway sepanjang 3000 x 485 meter. Untuk gedung terminal dirancang dua bangunan yakni terminal VVIP seluas 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi.

Bandara ini berjarak sekitar 25 km dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan yang menjadi pintu masuk utama ke Kaltim. Bandara ini juga terletak sekitar 107 km dari Bandara APT Pranoto Samarinda. 

Akses Bandara VVIP memiliki panjang jalan sekitar 1,5 km yang dilewati melalui jalan bebas hambatan segmen 5B, serta Bandara VIP yang memiliki luas lahan sebesar 433,20 hektare.

Selain meresmikan pembangunan bandara, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pembangunan RS Mayapada, Gedung Pakuwon Nusantara, Jakarta International School (JIS), RS Hermina, SDN 020 Sepaku, Bank Indonesia (BI), Gedung BPJS dan PLTA.

Dalam lawatan kali ini, Jokowi juga akan menghadiri Festival Harmoni Budaya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara dan Festival Dahau di Barong Tongkok, Kutai Barat.

"Mudah-mudahan semua agenda Presiden Joko Widodo berjalan lancar dan sukses," harap Akmal.

Sebelumnya, Jokowi tiba di Bandara SAMS Sepinggan dengan pesawat TNI AU pada Selasa (31/10/2023) sekitar pukul 17.25 WITA. Kedatangan Presiden Jokowi disambut  Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.