get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Bandara IKN Nusantara Ditarget Beroperasi Juni 2024, Usung Konsep Ramah Lingkungan

Rabu, 01 November 2023 | 13:07 WIB
header img
Bandara IKN Nusantara ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2024 mendatang. (foto: ilustrasi/ist)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Pembangunan Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara resmi dimulai setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama di Penajam Paser Utara, Rabu (1/11/2023) hari ini.

Bandara yang khusus untuk menunjang operasional pemerintahan ini ditargetkan rampung pada Juni 2024 dan beroperasi penuh pada Desember 2024. 

"Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan bandar udara Ibu Kota Nusantara yang ditargetkan beroperasi penuh pada Desember 2024 tetapi sudah bisa dipakai di Juni 2024 nanti," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (1/11/2023). 

Jokowi mengatakan, bandara tersebut sangat penting menyusul semakin padatnya yang berujung pada mobilitas orang maupun barang dari dan menuju ke IKN. 

Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara. 

"Bandara IKN ini seluas 347 hektar dengan runway 3000 x 45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar. Ini penting. Bandara ini juga dilengkapi dengan terminal penumpang seluas 7.350 meter persegi," tuturnya. 

Jokowi berharap, bandara ini membuat konektivitas kawasan IKN semakin baik dan mudah dijangkau dari manapun. 

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN competitiveness mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong perkembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses," ucap Jokowi.

Sekadar diketahui, bandara IKN Nusantara berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara APT Pranoto Samarinda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut