get app
inews
Aa Read Next : Kejar Target, Kemen PUPR Tutup Lokasi Proyek Pembangunan IKN Nusantara

Kemenhub Kejar Target Operasional Bandara IKN Nusantara 1 Agustus 2024, Pengaspalan Runway Dikebut

Jum'at, 21 Juni 2024 | 22:56 WIB
header img
Bandara VVIP Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan mulai beroperasi 1 Agustus 2024 mendatang. (foto: ist/kemen PUPR)

PENAJAM, iNewsKutai.id - Bandar Udara (Bandara) VVIP Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan mulai beroperasi 1 Agustus 2024 mendatang. Saat ini, proyek bandara sudah memasuki tahap pelapisan aspal pertama landasan pacu.

Kepastian pengoperasian bandara disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pembangunan Bandara IKN Nusantara, Jumat (21/6/2024). 

Budi Karya kembali melakukan pengecekan untuk memastikan progres pembangunan infrastruktur transportasi tersebut berjalan lancar dan sesuai rencana. Budi meninjau langsung sejumlah titik seperti runway dan gedung terminal. 

"Saya ingin memastikan bahwa bandara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024 untuk mendukung konektivitas di wilayah IKN, khususnya dalam rangka menyukseskan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Budi Karya.

Dia menjelaskan, progres pembangunan di landas pacu dan gedung terminal bandara serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya secara umum sudah sesuai target dan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

"Jika dibandingkan beberapa minggu lalu, perubahannya sudah terlihat jelas, terutama di bagian landas pacu dan gedung terminal. Saya sangat mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan pekerja yang sudah bekerja keras untuk menyelesaikan proyek bandara ini," ujarnya.

Budi memaparkan, landasan pacu Bandara IKN sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama. Ditargerkan, pada 1 Agustus 2024 nanti sudah bisa didarati pesawat narrow body. 

"Bandara IKN nantinya juga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar, seiring dengan penambahan lapisan aspal pada tahap berikutnya,” ucapnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut