get app
inews
Aa Read Next : Menu Sarapan yang Mengenyangkan dan Sehat, Cocok untuk Diet

5 Makanan Sehat dan Murah untuk Mencegah Stunting Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Selasa, 21 November 2023 | 08:06 WIB
header img
Makanan sehat dan murah untuk mencegah stunting pada anak. (Foto: ilustrasi/Asianage)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Makanan sehat untuk mencegah stunting pada anak wajib diketahui orang tua. Hal ini penting untuk memastikan tumbuh kembang anak bisa maksimal.

Stunting  masih menjadi masalah klasik di Indonesia. Stunting merupakan kondisi di mana anak gagal mencapai potensi pertumbuhannya akibat penyakit, kesehatan yang buruk, dan kekurangan gizi. 

Akibatnya, fisik dan fungsi kognitif pada anak-anak menjadi terhambat. Untuk mencegah hal tersebut, asupan makanan sehat sangat penting baik saat ibu dalam masa kehamilan, menyusui maupun dalam pertumbuhan anak.

Ada sejumlah makanan sehat dan murah untuk mencegah stunting pada anak yang bisa menjadi menu harian di rumah. Berikut ulasannya:

5 Jenis Makanan Sehat dan Murah untuk Mencegah Stunting Anak

1. Telur 

Makanan sehat untuk mencegah stunting pada anak yang pertama adalah telur. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan kaya akan omega 3 yang penting untuk pertumbuhan anak-anak. 

Dilansir dari NicsWell, Selasa (21/11/2023), potensi anak-anak yang mengonsumsi telur setiap hari untuk mengalami stunting 47 persen lebih kecil.

Anak-anak yang mengonsumsi telur juga kecil kemungkinannya untuk mereka mengalami kekurangan berat badan. 

2. Sayur dan Buah 

Makanan sehat selanjutnya adalah sayur dan buah. Dua makanan ini kaya serat dan vitamin yang baik untuk gizi serta pertumbuhan anak. Sayur yang bisa masuk dalam menu makan anak-anak seperti brokoli, bayam, wortel, dan kentang. Untuk buah ada pisang, jeruk, apel, stroberi hingga mangga.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut