get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lawan Qatar, Shin Tae-yong Ungkap Masalah Timnas Indonesia U-23 

Dunia Sepak Bola Berduka, Legenda Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Selasa, 09 Januari 2024 | 07:38 WIB
header img
Pemain legendaris Franz Beckenbauer meninggal dunia pada Senin (7/1/2024) waktu Jerman. (foto: hsv.de)

BERLIN, iNewsKutai.id - Sepak bola dunia sedang berduka. Pemain legendaris Jerman, Franz Beckenbauer meninggal dunia pada Senin (7/1/2024) waktu setempat atau Selasa (9/1/2024) WITA. 

Beckenbauer yang dijuluki Der Kaiser meninggal dunia pada usia 78 tahun. Keluarga Beckenbauer mengonfirmasi kabar duka ini melalui kantor berita Jerman, DPA. 

Kabar meninggalnya Beckenbauer menjadi pukulan bagi sepak bola Jerman. Dalam beberapa tahun terakhir, Beckenbauer yang juga legenda Bayern Munchen menghadapi tantangan kesehatan, termasuk penyakit Parkinson, demensia, dan operasi jantung. 

Presiden DFB, Bernd Neuendorf pun sudah menyampaikan rasa duka dan rasa hormatnya atas kepergian legenda Jerman itu. Dia mengakui kontribusi Beckenbauer dalam dunia sepak bola Jerman sebagai pemain dan pelatih kepala Piala Dunia. 

Franz Beckenbauer menginspirasi lebih dari satu generasi dengan ketepatan dan karismanya sebagai pemimpin tim serta kesuksesannya sebagai pelatih kepala. 

Selama karirnya di lapangan hijau, Beckenbauer telah memenangkan gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) sebagai pemain, serta Piala Dunia (1990) sebagai pelatih timnas Jerman. 

Franz Beckenbauer menjadi penerima dua penghargaan Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1976. Pencapaiannya meliputi tiga trofi UEFA Champions League, lima Bundesliga, empat piala DFB, satu piala UEFA Winners, dan satu Piala Interkontinental. 

Namanya juga tercatat dalam tim terbaik sepanjang masa Piala Dunia. Hal ini menegaskan warisan gemilangnya dalam dunia sepak bola internasional.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada 9 Januari 2024

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut