get app
inews
Aa Read Next : Biadab! Militer Israel Tembak Satu-satu Pasien di Rumah Sakit Gaza dengan Tangan Terikat 

Azan Tak Terdengar Lagi di Gaza, Seluruh Masjid Hancur Dibom Israel

Senin, 15 Januari 2024 | 14:16 WIB
header img
Azan sudah tidak terdengar lagi di Jalur Gaza setelah seluruh masjid hancur dibom Israel. (foto: reuters)

GAZA, iNewsKutai.id - Azan di Jalur Gaza, Palestina kini tidak terdengar lagi. Penyebabnya, seluruh masjid di wilayah tersebut telah hancur dibom Israel sejak invasi pada 7 Oktober 2023 lalu.

Invasi Israel ke Jalur Gaza sudah memasuki hari ke-100 pada Minggu (14/1/2024). Lebih dari 23.000 warga Palestina yang bermukim di wilayah tersebut tewas. Korban didominasi anak-anak dan perempuan.

Lebih menyedihkan lagi, kumandang Azan di Jalur Gaza kini tidak terdengar lagi. Puluhan masjid yang sebelumnya berdiri di seantero Gaza kini sudah rata dengan tanah.

Masjid terbesar dan tertua di Kota Gaza, Masjid Agung Omari bahkan hancur menjadi puing-puing. Masjid bersejarah tersebut hanya tersisa menara yang berusia 1.400 tahun. 

Masjid yang menjadi warisan sejarah itu didirikan pada abad ketujuh di atas reruntuhan gereja era Bizantium, yang dibangun di atas kuil Romawi kuno. Namanya masjid diambil dari nama Khalifah Umar bin Khattab, yang berkuasa. 

Masjid ini sangat bersejarah karena pernah dihancurkan dan digantikan oleh katedral Tentara Salib. Setelah itu bangsa Mongol datang dan menghancurkannya. Bangunan itu kembali hancur akibat gempa bumi pada abad ke-13. 

Kini, Masjid Agung Omari kembali dihancurkan bersamaan dengan kehancuran lebih dari 200 masjid di wilayah Gaza. Itu termasuk Masjid Ahmed Yasin dan Masjid Al-Hasayna di Kota Gaza, Masjid Muslim Salim Abu di Beit Lahia dan Masjid Khalid bin Al-Walid di Khan Younis. 

"Azan tidak terdengar lagi di lingkungan kami karena kehancuran total di wilayah timur kota, termasuk masjid,” kata Khaled Abu Jame (25), warga Khan Younis, kepada MEE. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut