get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Rayu Investor Asing Masuk IKN Nusantara, Pemerintah Tawarkan Golden Visa

Jum'at, 02 Februari 2024 | 14:11 WIB
header img
Pemerintah menawarkan golden visa bagi investor asing yang menanamkan modalnya di IKN Nusantara. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah merayu investor asing untuk menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sebagai imbal balik, Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menyiapkan golden visa.

Golden Visa ini diharapkan menjadi magnet bagi investor asing masuk mendanai proyek pembangunan Ibu Kota Baru di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim mengatakan fasilitas ini akan diberikan keoada investor yang menanamkan modalnya minimum 5 juta dolar AS atau setara Rp78 miliar.

Sebelumnya penanaman modal untuk mendapatkan golden visa minimal 25 juta dolar AS atau setara Rp329 miliar dengan masa tinggal 5 tahun. Sedangkan untuk masa tinggal 10 tahun, sebelumnya wajib investasi minimal 50 juta dolar AS atau setara Rp784 miliar.

Dirjen Imigrasi kemudian melakukan pelonggaran dan diturunkan menjadi 10 juta dolar AS atau setara Rp156 miliar. 

"Pelonggaran golden visa ini diharapkan  bisa menarik investor asing dan menjadi stimulus perekonomian di IKN dan wilayah sekitarnya," ujar Silmy Karim dalam keterangan resminya, Kamis (1/2/2024). 

Silmy menambahkan, pada Januari 2024, tercatat sebanyak 62 golden visa telah diterbitkan. Kemudahan golden visa bagi investor, sebut Silmy, adalah wujud komitmen Imigrasi dalam menjalankan salah satu fungsinya, yaitu sebagai fasilitator pembangunan masyarakat.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id pada 2 Februari 2024

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut