get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Ekonomi Kaltim Tumbuh 6,22 Persen, di Atas Rata-rata Nasional

Selasa, 06 Februari 2024 | 15:59 WIB
header img
Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur sepanjang 2023 secara kumulatif (c-to-c) ekonomi mencapai 6,22 persen a. (Foto: ilustrasi/iNews.id)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 2023 secara kumulatif (c-to-c) ekonomi mencapai 6,22 persen atau berada di atas rata-rata nasional.

Kepala BPS Kaltim, Yusniar Juliana mengatakan, angka pertumbuhan tersebut menunjukkan akselerasi dan kinerja ekonomi yang lebih baik di wilayah Kaltim selama tahun 2023.

Pada tahun sebelumnya, ekonomi Kaltim tumbuh positif sebesar 4,48 persen. Salah satu pemicu pertembuhan ekonomi ini adalah capaian kinerja yang positif di seluruh lapangan usaha.

Tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 16,05 persen kemudian Lapangan Usaha Konstruksi sebesar 15,82 persen; dan Lapangan Usaha Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 11,72 persen. 

Sementara Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebagai lapangan usaha utama perekonomian Kaltim tumbuh sebesar 5,18 persen.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 36,40 persen.

"Ini menjadi sinyalemen positif perekonomian Kaltim karena pertumbuhan di atas rata-rata nasional yang hanya 5,05 persen," jelasnya Yusniar dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (6/2/2024).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut