get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Taksi Terbang Bakal Diujicoba di Samarinda, Tim Hyundai Motor Survei Bandara APT Pranoto

Selasa, 06 Februari 2024 | 20:09 WIB
header img
Bandara APT Pranoto menjadi lokasi alternatif uji coba taksi terbang untuk IKN Nusantara. (foto : ilustrasi/istimewa)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Taksi terbang yang akan dioperasikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal segera menjalani uji coba. Bandara APT Pranoto Samarinda menjadi alternatif lokasi uji coba.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, Maeka Rindra Hariyanto menyatakan, Hyundai Motor selaku produsen taksi terbang atau trial advanced air mobility sudah melakukan  survei ke bandara di Sungai Pinang tersebut.
 
Hyundai Motors masih memeriksa kondisi lapangan yang memenuhi dengan kriteria yang mereka harapkan. Rencananya, taksi terbang tersebut akan diuji coba dalam tiga atau empat bulan ke depan. 

"Sifatnya masih survei awal, belum ada penetapan lokasi pasti. Mereka juga akan memikirkan cara mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai ke Samarinda," ungkap Maeka Rindra dikutip dari Antara, Selasa (6/2/2024).
 
Maeka memastikan, Bandara APT Pranoto Samarinda siap mengakomodir hal tersebut, apalagi, imbuh Maeka, taksi terbang tersebut ramah lingkungan karena menggunakan sumber daya listrik.
 
"Taksi terbang diharapkan menjadi solusi transportasi masa depan, terutama di daerah perkotaan yang padat dan macet," ungkapnya.

Maeka menambahkan, tim Hyundai Motor akan menentukan apakah Samarinda atau Balikpapan yang akan menjadi tempat uji coba penggunaan taksi terbang nantinya.
 
"Bandara APT Pranoto atau Sepinggan yang akan menjadi tempat pertama kali diuji coba penggunaan taksi terbang untuk IKN," ujarnya.
 
Menurutnya, Bandara APT Pranoto Samarinda secara teknis dan operasional mendukung penuh kegiatan sebagai penunjang pembangunan IKN.
 
"Bandara APT Pranoto tidak sepadat seperti halnya Balikpapan. Kami juga menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, baik itu dari rute, jam terbang, slot, hingga tempat singgah," tuturnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut