get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Ganjar Sentil Sikap Plin-plan Jokowi: Isuk Dhele, Sore Tempe

Jum'at, 09 Februari 2024 | 13:19 WIB
header img
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyentil sikap plin-plan Presiden Joko Widodo. (foto: dok inews)

BANYUWANGI, iNewsKutai.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyentil sikap plin-plan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kampanye Pemilihan Presiden (pilpres) 2024. Penyebabnya, Jokowi menyebut tidak akan berkampanye.

Padahal, Jokowi di depan wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menegaskan jika presiden boleh berpihak dan berkampanye untuk pasangan capres-cawapres. 

Pernyataan itu diperkuat Jokowi dengan menunjukkan kertas berukuran besar berisi kutipan undang-undang yang menurutnya memperbolehkan presiden berkampanye.

Namun, gencarnya sorotan terutama dari kalangan akademisi diduga membuat Jokowi mengurungkan niatnya. Jokowi bahkan meralat pernyataannya dan menyebut tidak akan berkampanye.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengingatkan jika berdasarkan fakta, data, dan jejak digital, Jokowi melakukan hal yang berbeda. 

"Ada data, fakta, serta jejak digital yang berkali-kali keluar dan berkali-kali direvisi. Saya katakan kalau lah kemudian statement-statement yang pernah muncul itu keliru, sampaikan dengan cara yang gentle, siapa pun itu kalau itu adalah koreksinya," kata Ganjar dalam Kampanye Akbar bertajuk Hajatan Rakyat di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron Genteng, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (8/2/2024). 

Ganjar kemudian menyitir peribahasa Isuk Dhele, Sore Tempe yang bermakna perbedaan antara kata dan perbuatan. 

"Isuk Dhele, Sore Tempe', enggak bisa. Maka begitu kita berbeda-beda terus, maka sulit rakyat mempercayai itu. Berlaku untuk siapa pun," tegas Ganjar.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut