Logo Network
Network

Pembatalan Pembelian Jet Tempur Mirage jadi Pemberitaan Media Asing, Kemenhan Tepis Isu Korupsi

Ahmad Islamy Jamil/Abriandi
.
Minggu, 11 Februari 2024 | 21:04 WIB
Pembatalan Pembelian Jet Tempur Mirage jadi Pemberitaan Media Asing, Kemenhan Tepis Isu Korupsi
Pembatalan pembelian jet tempur Mirage bekas Qatar oleh Kemhan RI menjadi sorotan media asing (Foto: ilustrasi/reuters)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Pembatalan pembelian jet tempur Mirage bekas Qatar oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menjadi sorotan media asing sepanjang hari ini, Minggu (11/2/2024). 

Media luar negeri ramai-ramai mengangkat kabar pembelian yang sempat menjadi sorotan di dalam negeri. Reuters dalam laporannya menulis berita bertajuk “Indonesia Scraps Plan to Buy Mirage Fighter Jets from Qatar”.

Dalam reportasenya, Reuters menyebutkan, Indonesia telah membatalkan rencana kontroversial untuk membeli jet tempur Mirage 2000-5 senilai 733 juta euro (lebih dari Rp12,3 triliun) yang sebelumnya digunakan oleh Qatar.

Reuters mengutip pernyataan Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi, dan Hubungan Antarlembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, pada Sabtu (10/2/2024) malam. 

"Tidak ada pembelian pesawat Mirage, dan artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage,” kata dia.

Dia juga menepis isu dugaan korupsi yang sedang diselidiki badan antikorupsi Eropa terkait pembelian jet tempur tersebut. Dahnil menyebutnya sebagai hoaks alias berita palsu. 

“Secara konten semua yang disampaikan di berita hoaks tersebut jelas adalah fitnah,” tegas. 

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.