get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Pembatalan Pembelian Jet Tempur Mirage jadi Pemberitaan Media Asing, Kemenhan Tepis Isu Korupsi

Minggu, 11 Februari 2024 | 21:04 WIB
header img
Pembatalan pembelian jet tempur Mirage bekas Qatar oleh Kemhan RI menjadi sorotan media asing (Foto: ilustrasi/reuters)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Pembatalan pembelian jet tempur Mirage bekas Qatar oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menjadi sorotan media asing sepanjang hari ini, Minggu (11/2/2024). 

Media luar negeri ramai-ramai mengangkat kabar pembelian yang sempat menjadi sorotan di dalam negeri. Reuters dalam laporannya menulis berita bertajuk “Indonesia Scraps Plan to Buy Mirage Fighter Jets from Qatar”.

Dalam reportasenya, Reuters menyebutkan, Indonesia telah membatalkan rencana kontroversial untuk membeli jet tempur Mirage 2000-5 senilai 733 juta euro (lebih dari Rp12,3 triliun) yang sebelumnya digunakan oleh Qatar.

Reuters mengutip pernyataan Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi, dan Hubungan Antarlembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, pada Sabtu (10/2/2024) malam. 

"Tidak ada pembelian pesawat Mirage, dan artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage,” kata dia.

Dia juga menepis isu dugaan korupsi yang sedang diselidiki badan antikorupsi Eropa terkait pembelian jet tempur tersebut. Dahnil menyebutnya sebagai hoaks alias berita palsu. 

“Secara konten semua yang disampaikan di berita hoaks tersebut jelas adalah fitnah,” tegas. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut