get app
inews
Aa Read Next : Kejagung Akan Periksa Sandra Dewi Terkait Korupsi PT Timah, Bakal Jadi Tersangka?

Suami Aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis Tersangka Korupsi PT Timah, Rugikan Negara Trilunan Rupiah

Rabu, 27 Maret 2024 | 22:53 WIB
header img
Harvey Moeis, suami aktris Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah. (foto: ilustrasi/instagram)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Harvey Moeis, suami aktris Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah. 

"Tim penyidik tindak pidana khusus telah memeriksa 6 orang saksi dalam perkara tindak pidana tata niaga timah di wilayah IUP PT Timah dan mendapatkan alat bukti yaitu saudara HM selaku perpanjangan tangan dari PT RBT sebagai tersangka," ujar Dirdik Jampidsus Kejagung, Kuntadi, Rabu (26/3/2024).

Pantauan di Kejagung, Harvey keluar gedung pemeriksaan mengenakan rompi tahanan berwarna merah muda. Harvey yang digiring petugas Kejagung ke mobil tahanan enggan memberikan statement terkait statusnya sebagai tersangka.

Harvey bakal ditahan di Rutan Salemba di Kejari Jakarta Selatan selama 20 hari ke depan dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan pemeriksaan.

"Terhitung mulai tanggal 27 Maret 2024 hingga 15 April 2024," tambah dia. 

Kasus yang menjerat Harvey bermula saat melakukan pertemuan dengan eks petinggi PT Timah Tbk untuk melakukan penambangan pada 2018. Petinggi PT Timah itu, yakni Riza Pahlevi dan Emil Emindra diduga mengakomodasi pertambangan timah ilegal. 

Pertemuan itu menyepakati kerja sama antara PT Timah dan sejumlah perusahaan dengan sewa-menyewa peralatan untuk proses peleburan. Agar biji timah ilegal seolah-olah legal, sejumlah pihak swasta bekerja sama dengan PT Timah untuk penerbitan surat perintah kerja (SPK). 

Pelaku juga diduga melegalkan kegiatan perusahaan boneka menambang timah dengan cara menerbitkan Surat Perintah Kerja Borongan Pengangkutan Sisa Hasil Pengolahan (SHP) mineral timah. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut