get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Tak Mau Pindah Ibu Kota, Thailand Pilih Ganti Nama Bangkok Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Sabtu, 19 Februari 2022 | 10:02 WIB
header img
Nama Kota Bangkok diubah menjadi Krung Thep Maha Nakhon. (Foto:Ist)

BANGKOK, iNewsKutai - Pemerintah Thailand melalui Office of Royal Society (ORST) atau lembaga independen masalah kebahasaan yang berada di bawah pengawasan perdana menteri, mengumumkan perubahan nama Ibu Kota Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon. 

Sidang kabinet pada Selasa lalu menyetujui usulan yang disampaikan Kantor Perdana Menteri mengenai penggunaan nama baru untuk negara, wilayah, zona administratif, serta ibu kota. Meski demikian nama Bangkok masih tetap digunakan. 

Namun perubahan nama baru, Krung Thep Maha Nakhon, masih harus melalui persetujuan komite yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang. Selain itu kabinet juga meminta para ahli di Kementerian Luar Negeri untuk menganalisis perubahan nama negara-negara dalam ejaan resmi di Thailand. 

Komite di ORST mempelajari nama baru Bangkok serta nama-nama lainnya agar sesuai dengan situasi saat ini. Lembaga itu kemudian menyerahkan daftar tersebut ke Kantor PM untuk diumumkan di kabinet. Disebutkan, Krung Thep Maha Nakhon akan menjadi nama resmi ibu kota Thailand, namun Bangkok tetap digunakan dalam tanda kurung.

Sementara itu wakil juru bicara pemerintah, Ratchda Dhanadirek, menjelaskan melalui Facebook, tidak ada yang berubah dalam penamaan ibu kota. Menurut dia, Krung Thep Maha Nakhon hanya digunakan sebagai nama resmi, sementara Bangkok digunakan dalam tanda kurung. 

ORST juga mengunggah pesan di Facebook kedua nama itu masih bisa digunakan setelah disahkan. Dalam pengumuman itu, ORST juga memperbarui ejaan resmi untuk negara lain, termasuk Rome dan Roma untuk ibu kota Italia, perubahan nama ibu kota Myanmar dari Yangon menjadi Nay Pyi Taw, dan perubahan Kerajaan Nepal menjadi Republik Demokratik Federal Nepal. 

Bangkok telah digunakan secara resmi sejak November 2001 di bawah pengumuman lembaga yang sama. Nama itu diambil dari daerah lama, Distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan. Secara historis, nama Bangkok lebih dikenal luas.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut