get app
inews
Aa Read Next : Petani Semringah, Harga TBS Sawit Kaltim Sentuh Rp2.673 per Kilogram

Jelang Idul Adha 1445 H, Stok Hewan Kurban di Kaltim Dijamin Aman

Sabtu, 08 Juni 2024 | 08:57 WIB
header img
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim menjamin stok hewan kurban aman menjelang hari raya Idul Adha 1445 H.(foto: ilustrasi/muzakir)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim menjamin stok hewan kurban aman menjelang hari raya Idul Adha 1445 H. Saat ini, stok hewan kurban khususnya sapi mencapai 12.543 ekor.

Kepala DPKH Kaltim, Fahmi Himawan mengungkapkan, stok hewan kurban di Benua Etam sudah lebih dari cukup. Berdasarkan proyeksi dari 10 kabupaten/kota, kebutuhan sapi untuk kurban sebanyak 11.445 ekor. Sementara ketersediaannya mencapai 12.543 ekor.

Permintaan terbesar berasal dari Kutai Kartanegara yakni 2.529 ekor disusul Kota Samarinda sebanyak 1.923 ekor dan Balikpapan 1.917 ekor.

Sementara untuk kambing diperkirakan dibutuhkan sebanyak 6.059 ekor. Sementara ketersediaa dikisaran 7.790 ekor. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena berdasarkan data ketersediaan hewan kurban aman. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan ternak untuk hari raya Idul Adha," kata Fahmi dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Sabtu (8/6/2024).

Untuk harga, Fahmi mengaku jika masih dalam batas toleransi. Untuk harga sapi dikisaran Rp18 juta hingga Rp36 juta per ekor tergantung ukuran. Demikian halnya dengan kambing antara Rp3,4 juta hingga Rp 7,6 juta per ekor.

"Kebutuhan hewan kurban tahun ini meningkat karena pertambahan jumlah penduduk baik itu pertambahan di internal wilayah maupun karena perpindahan penduduk seiring dengan berdirinya IKN Nusantara,"katanya.

Selain memastikan stok hewan kurban aman, DPKH Kaltim juga melakukan pengawasan lalu lintas ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih.

"Kita juga melakukan edukasi persiapan pemotongan hewan kurban, dan fasilitasi bantuan peralatan potong hewan kurban ke masjid-masjid,"pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut