get app
inews
Aa Read Next : Kejar Target, Kemen PUPR Tutup Lokasi Proyek Pembangunan IKN Nusantara

Jokowi Sumbang Puluhan Sapi Kurban untuk Hari Raya Idul Adha, 25 Ekor Dipotong di IKN Nusantara

Jum'at, 14 Juni 2024 | 14:16 WIB
header img
Presiden Joko Widodo menyumbangkan 27 ekor sapi kurban untuk dibagikan kepada masyarakat Kaltim pada hari raya Idul Adha 1445 H. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan 27 ekor sapi kurban untuk dibagikan kepada masyarakat Kaltim pada hari raya Idul Adha 1445 H, Senin 17 Juni 2024, pekan depan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kaltim, Fahmi Himawan menjelaskan, dari 27 sapi sumbangan presiden, sebanyak dua ekor disumbangkan untuk Pemprov Kaltim.

Sementara 25 ekor lainnya akan dialokasikan hari raya kurban di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dua ekor sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi akan kita tempatkan di Masjid Islamic Centre Samarinda," jelas Fahmi dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Jumat (14/6/2024).

Menurutnya, sapi sumbangan presiden tersebut dipilih secarar khusus dengan bobot minimal 1 ton. Hal ini menjadi tantangan besar bagi peternak lokal untuk menyediakan hewan kurban

Fahmi menyebut, sapi yang tersedia di Kaltim saat ini rata-rata berbobot 700-800 kilogram. Peternak kesulitan mencapai berat 1 ton karena mayoritas ternak sapi dilepasliarkan sehingga ukurannya tidak sebesar sapi yang diternak khusus untuk penggemukan di kandang. 

Dia mengaku tim DPKH Kaltim sudah dikerahkan melakukan survei di lapangan untuk mencari hewan kurban sesuai kriteria yang ditetapkan.

"Banyak peternak yang yang berharap sapi mereka dibeli oleh Presiden Jokowi, menandakan antusiasme tinggi dari para peternak lokal. Tapi kita sedang mencari karena beratnya minimal 1 ton," ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran IKN sedikit demi sedikit menunjukkan adanya kebaikan bagi peternak Kaltim yang merasakan berkah dari pemindahan ibu kota. Hal ini diharapkan memicu peternak untuk meningkatkan kualitas ternak mereka.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut