get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Ramai Dikritik Pembalap, Prinsipal Tim MotoGP Asal Malaysia Ini Bela Sirkuit Mandalika

Selasa, 22 Februari 2022 | 14:24 WIB
header img
Sirkut Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: MotoGP)

KUALA LUMPUR, iNewsKutai - Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika berjalan sukses pada 11-13 Februari 2022 lalu. Namun, pagelaran tersebut juga meninggalkan pekerjaan rumah yang mendesak diselesaikan.

Ya, mayoritas pembalap mengkritik kondisi lintasan sirkuit yang dibangun dua tahun lalu tersebut. Selain dinilai kotor akibat debu, kerikil sirkuit juga dinilai membahayakan lantaran tajam. Rider menyebut jika Mandalika belum layak menggelar MotoGP.

Prinsipal tim WithU RNF Yamaha Razlan Razali, mengaku tak terkejut Sirkuit Mandalika mendapat beragam kritikan usai tes pramusim. Razlan mengakui hal serupa juga pernah dialami Sirkuit Sepang.

Pihak FIM dan Dorna meminta ITDC dan MGPA untuk melakukan pembenahan terkait masalah yang ada di Sirkuit Mandalika. Hasilnya Sirkuit kebanggaan Indonesia itu akan diaspal ulang di beberapa titik tertentu.

Razali mengatakan Sirkuit Sepang juga sempat mengalami masalah ketika pertama kali digunakan pada 1999. Ia menilai setiap sirkuit memiliki masalah yang berbeda.

“Sirkuit Mandalika mengingatkan saya saat Sirkuit Sepang dibuka pada 1999. Setiap rute baru memiliki kesulitannya sendiri, justru karena itu baru. Tetapi ketika kami berada di sana untuk pengujian, saya sudah bisa merasakan getaran yang baik, kegembiraan, rasa ingin tahu, dan keramahan penduduk pulau," kata Razali dilansir dari Speedweek, Minggu (20/2/2022).

Lebih lanjut, Razali tak membayangkan pembenahan yang dilakukan Sirkuit Mandalika. Tetapi ia menilai pemerintah Indonesia telah memberikan dukungan untuk memperbaiki Sirkuit Mandalika dan hal tersebut sama seperti pemerintah Malaysia.

“Dalam sebulan ini akan benar-benar gila. Saya tidak bisa  membayangkan semua kekacauan, tetapi ini akan menjadi fantastis untuk Indonesia. Mereka memiliki semua dukungan yang mereka butuhkan, terutama dari pemerintah. Sama seperti yang kami lakukan ketika kami memulai," ucapnya.

Tak lupa Razali mendoakan yang terbaik untuk Sirkuit Mandalika. Bahkan ia bersedia membantu Indonesia untuk menyukseskan MotoGP.

"Saya mendoakan yang terbaik bagi manajemen dan promotor GP Mandalika. Anda dapat mengandalkan kami tetangga untuk membantu di mana mereka bisa," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut