get app
inews
Aa Read Next : PNS di Jayapura Diduga Pasok Senjata KKB Papua

Desertir TNI Danis Murib Ditembak Pasukan Khusus di Paniai

Senin, 17 Juni 2024 | 15:11 WIB
header img
Desertir TNI Danis Murib yang membelot ke KKB Papua ditembak pasukan khusus TNI di Paniai. (Foto Pen Koops TNI Habema)

PANIAI, iNewsKutai.id - Sepak terjang desertir TNI Danis Murib yang membelot ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, berakhir. Mantan anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya itu ditembak pasukan khusus gabungan TNI.

Danis Murib tertembak dalam kontak senjata terjadi di Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Senin (17/6/2024). Selain Danis Murib, satu anggota kelompok yang juga menamakan diri Organisasi Papua Merdeka (OPM) juga tertembak.

"Keberhasilan prajurit TNI menembak dua anggota OPM, salah satunya desertir Danis Murib di Bibida mereduksi kekuatan OPM yang tentunya berdampak positif menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran proses percepatan pembangunan di Papua," ujar Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon, Senin (17/6/2024).

Informasi yang dirangkum iNews.id, Danis Murib terakhir dia berpangkat Prajurit Dua (Prada) dan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah pada tanggal 14 April 2023 pukul 10.20 WIT. Belakangan, dia diketahui  dan ternyata bergabung menjadi anggota OPM.

Penembakan dua anggota OPM ini bermula ketika para separatis tersebut menembak warga sipil. Pasukan TNI kemudian mengejar kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya yang melarikan diri dari lokasi kejadian di wilayah Distrik Paniai Timur menuju Distrik Bibida.

Letjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, operasi pengejaran ini berlanjut dengan keberhasilan merebut wilayah Distrik Bibida yang selama ini dikuasai OPM pada Jumat (14/6/2024).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut