get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Menyusup ke Perbatasan Rusia, Dua Tank Lapis Baja Ukraina Hancur Jadi Rongsokan

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:02 WIB
header img
Tank milik Ukraina dihancurkan militer Rusia saat menyusup ke perbatasan. (foto: sputnik)

MOSKOW, iNewsKutai - Dua kendaraan lapis baja BMP milik Ukraina hancur saat berusaha menyusup ke perbatasan Rusia di hutan timur wilayah Donbass yang disengketakan, Senin (21/2/2022). 

Moskow merilis video tersebut sebagai bukti serangan oleh pasukan Ukraina ke wilayah Rusia. Satu video lainnya yang dirilis dinas keamanan Rusia menunjukkan dua kendaraan lapis baja BMP hangus jadi besi rongsokan dalam video tersebut.

Asap hitam terlihat membubung dari bangkai kendaraan tempur infanteri BMP-2.Ledakan dari bagian dalam tampaknya menghancurkan turret dan palka belakang kendaraan militer lain, BMP-1, yang diperlihatkan video itu sedang terbakar hebat.

Meski Rusia sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan tentang baku tembak, ini adalah video pertama yang diduga mendokumentasikan. Video ini juga referensi pertama ke lokasi baku tembak yakni hutan di dekat desa Mityakinskaya di wilayah Rostov, di sebelah timur kota Lugansk. 

Menurut Layanan Keamanan Federal (FSB), penjaga perbatasan Rusia di wilayah Rostov, di sebelah timur Republik Lugansk, melihat sekelompok lima penyabot Ukraina melintasi perbatasan sekitar pukul 6 pagi waktu setempat pada Senin. 
Mereka meminta dukungan dari pasukan Distrik Militer Selatan untuk menangkap para penyusup dari Ukraina itu. 

“Setelah baku tembak meletus, dua BMP Ukraina melintasi perbatasan untuk mengekstraksi kelompok tersebut,” ungkap pernyataan FSB. 

Tentara Rusia menghancurkan kedua kendaraan dan membunuh lima penyabotase. Tidak ada korban di antara pasukan perbatasan. Korban tewas hanya dari anggota tim sabotase dari Ukraina. 

“Dalam insiden lain di wilayah Rostov pada Senin, penjaga perbatasan FSB diduga menangkap seorang penyabotase dari Ukraina,” ungkap direktur badan tersebut, Alexander Bortnikov. 

Militer Ukraina mengatakan tuduhan Rusia tentang upaya serangan penyabotase adalah salah, sementara pejabat tinggi di Kementerian Dalam Negeri Ukraina mencapnya sebagai “berita palsu.” 

Dua insiden itu terjadi saat Kiev dan dua republik yang memproklamirkan diri di Ukraina timur saling menuduh satu sama lain melakukan penembakan artileri berat di sepanjang garis gencatan senjata. 

Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya menuduh Rusia berencana memasang dalih “bendera palsu” untuk invasi ke Ukraina. Kremlin secara konsisten membantah memiliki rencana melancarkan serangan dan menyerukan solusi diplomatik untuk krisis yang kembali ke 2014, ketika pemerintah Kiev digulingkan dalam protes jalanan yang diwarnai kekerasan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut