get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Bantu Ukraina Lawan Rusia, Belanda dan Ceko Kirim Senapan Mesin hingga Roket Pertahanan Udara

Sabtu, 26 Februari 2022 | 18:18 WIB
header img
Warga Ukraina mengungsi menyusul invasi Rusia. Belanda dan Ceko akan mengirim bantuan militer melawan Rusia. (foto: reuters)

PRAHA, iNewsKutai - Negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) perlahan mulai ikut campur dalam perang Ukraina melawan Rusia. Belanda dan Ceko menyatakan setuju mengirimkan bantuan militer untuk membantu Ukraina melawan militer Rusia.

Kementerian Pertahanan Ceko menyatakan, bantuan meliputi senapan mesin, senapan serbu dan senjata ringan lainnya. Senjata dengan nilai 188 juta Koruna atau Rp122 miliar tersebut akan dikirim oleh Ceko ke lokasi yang dipilih sendiri oleh Ukraina.  

"Bantuan kami belum berakhir!" kata kementerian pertahanan Ceko di Twitter, Sabtu (25/2/2022). 

Langkah Ceko tersebut kemudian diikuti anggota NATO lainnya, Belanda. Pemerintah Belanda akan memasok 200 roket pertahanan udara ke Ukraina secepat mungkin.

Keputusan ini disampaikan pemerintah Belanda dalam sebuah surat kepada parlemen.  Berdasarkan permintaan dari Ukraina, Belanda akan menyediakan 200 roket pertahanan udara Stinger. 

"Bersama dengan sekutu kami, Kementerian Pertahanan akan mengirimkan barang-barang ini secepat mungkin," kata surat itu. 

Rudal tersebut merupakan tambahan dari peralatan lain yang telah dijanjikan oleh Belanda awal bulan ini. Bantuan militer Belanda meliputi senapan, amunisi, sistem radar, dan robot pendeteksi ranjau. 

Selain mengirimkan bantuan militer, pemerintah Belanda juga akan memindahkan staf Kedutaan Belanda dari Kota Lviv di Ukraina barat ke Jaroslaw di Polandia. Keputusan diambil karena keamanan di Ukraina memburuk. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut