get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Pilih Ngantor di IKN Nusantara hingga Lengser, Begini Penjelasan Istana

3.000 Formasi CPNS 2024 Khusus untuk Putra Putri Kaltim, Penempatan IKN Nusantara

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 13:51 WIB
header img
Pemerintah menyiapkan 3.000 formasi penerimaan CPNS khusus untuk putra putri Kalimantan Timur. (foto: ilustrasi/dok)

JAKARTA, iNewsKutai - Kabar gembira bagi putra-putri Kalimantan Timur (Kaltim) yang berminat menjadi abdi negara. Pemerintah menyiapkan 3.000 kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Kuota ini khusus untuk masyarakat Kaltim yang memenuhi syarat untuk penempatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Dia menjelaskan, dari 60.000 formasi CPNS yang disiapkan tahun ini untuk IKN, sebanyak 5 persen atau 3.000 kursi di antaranya dikhususkan untuk putra-putri Kaltim.

"Ada 60.000 ke IKN. Kita beri afirmasi dari jumlah tersebut sebesar 5 persen untuk putra putri Kaltim ke IKN," ungkap Azwar Anas kepada wartawan di Kompleks DPR RI Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Jalur afirmasi tersebut membuat putra putri Kaltim tidak akan bersaing dengan pendaftar yang berasal dari Jawa maupun daerah lainnya. Hal ini untuk mengakomodasi harapan masyarakat Kaltim dan saran dari Presiden Joko Widodo.

"Agar putra putri Kaltim tidak bersaing dengan fresh graduate dari Jawa yang selama ini mereka sampaikan ke kami. Jadi saran Presiden formasi lima persen itu kurang lebih dua ribuaan dari putra putri Kalimantan," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di idxchannel.com

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut