get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Empat Kecamatan di Paser Terdampak Gempa M4,5

Rabu, 02 Maret 2022 | 03:22 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: ilustrasi)

TANA PASER, iNewsKutai - Gempa yang mengguncang Kabupaten Paser pada Selasa (1/3/2022) terasa di empat kecamatan. Wilayah yang mengalami gempa yakni Batu Sopang, Pasir Belengkong, Muara Komam, dan Tanah Grogot.

Pengelola Pusat Data Laporan Operasional BPBD Paser Hendry Tham mengungkapkan, berdasarkan laporan warga, getaran terasa ketika berada di dalam rumah.

"Informasi yang kami himpun ada empat kecamatan yang merasakan gempa bumi yakni atu Sopang, Pasir Belengkong, Muara Komam, dan Tanah Grogot. Getaran seperti ada truk yang lewat," jelasnya dilansir media centre Pemkab Paser.

Dia mengaku belum mendapat laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Berdasarkan analisis BMKG, gempa tektonik itu terletak pada koordinat 1.94 LS dan 115.81 BT, atau tepatnya berlokasi 46 Km Bara tLaut Paser pada kedalaman 10 km.
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut