get app
inews
Aa Read Next : Kaltim Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Quran MTQ Nasional XXX

Seniman dari 36 Negara Pamer Keindahan Kaligrafi Alquran di Arena MTQ Nasional ke-30 Kaltim

Senin, 09 September 2024 | 19:36 WIB
header img
MTQ Nasional ke-30 Kalimantan Timur dimeriahkan dengan pameran kaligrafi internasional yang diikuti 36 negara. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-30 di Kalimantan Timur, sudah resmi digelar di Kota Samarinda. Selain kompetisi membaca Alquran, salah satu yang sayang dilewatkan adalah pameran kaligrafi internasional.

Pameran ini diikuti seniman dari 36 negara dari berbagai benua di dunia. Pameran ini berlangsung hingga 15 September 2024 di Convention Hall Samarinda.

Seniman kaligrafi menampilkan karya seni tulisan ayat-ayat Alqur'an dengan ornamen khas sesuai dengan budaya negara asal mereka. Masyarakat bisa mengunjungi pameran ini mulai pukul 10.00 hingga 24.00 WITA. 

Sekprov Kaltim, Sri Wahyuni menjelaskan selain memperkuat dan mempererat ukhuwah islamiah, pameran kaligrafi ini juga berkaitan dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

"Setiap negara memiliki seni dan gaya penulisan huruf Muhammad yang berbeda-beda, itulah keindahan seni kaligrafi dunia," ujarnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim.

Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang seni kaligrafi Islam.

"Ini luar biasa, selain menambah wawasan tentang kaligrafi, juga memperkuat ukhuwah Islamiah melalui jaringan, edukasi, dan silaturahmi antarbangsa," tambah Sri Wahyuni.

Selain pameran, masyarakat juga bisa mengunjungi Hahal Food Expo yang diramaikan 200 peserta pameran lokal hingga luar daerah. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai sajian kuliner halal dari lebih dari 70 booth lebih yang siap memanjakan lidah.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut