get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Tegas, JK Sebut Wacana Penundaan Pemilu 2024 Melaggar Amanat Konstitusi

Jum'at, 04 Maret 2022 | 16:31 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto : Istimewa)

MAKASSAR, iNewsKutai.id - Mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) angkat bicara terkait maraknya wacana penundaan Pemilu 2024. JK menegaskan, keinginan tersebut bertentangan dan melanggar amanat konstitusi.

JK mengingatkan seluruh pihak untuk hati-hati dengan wacana penundaan Pemilu dan Pemilihan Presiden 2024. “Memperpanjang itu tidak sesuai dengan konstitusi,” tegas JK usai menghadiri Mubes IKA Universitas Hasanuddin (Unhas) di Hotel Four Point Makassar, Jumat (04/03/2022). 

“Kecuali kalau konstitusinya diubah,” imbuh JK. 

JK berpendapat, bangsa Indonesia memiliki sejarah panjang tentang konflik. Dia menyarankan semua pihak untuk memilih taat pada konstitusi saja. “Kita terlalu punya konflik. Kita taat pada konstitusi. Itu saja,” tegas politikus senior Partai Golkar itu.

Sebelumnya, JK juga mengemukakan konstitusi sudah mengamanatkan pemilihan umum digelar lima tahun sekali. JK mewanti-wanti jangan sampai wacana penundaan Pemilu berujung masalah sebab ada pihak yang ingin mengedepankan kepentingan sendiri.  

“Konstitusinya lima tahun sekali. Kalau tidak taat konstitusi maka negeri ini akan ribut,” ungkapnya lagi.  

Ide penundaan Pemilu 2024 muncul belakangan tidak lama setelah pengumuman jadwal Pemilu 2024 oleh KPU. Usulan menunda pemilu muncul dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Usulan itu kemudian juga dikemukakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut