get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Diminta NATO Tidak Dukung Rusia, China Ungkit Pengeboman Kedubes di Beograd Oleh Amerika Serikat

Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:34 WIB
header img
Rudal-rudal Rusia menghujani Lviv, menghancurkan bangunan di dekat bandara (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNewsKutai.id - China rupanya masih belum bisa melupakan aksi Amerika Serikat saat mengebom kedutaan besar China di Beograd pada 7 Mei 1999. Pengeboman itu kembali diungkit oleh Beijing ketika NATO menyerukan untuk tidak mendukung Rusia dalam invasi ke Ukraina.

Juru bicara misi diplomatik Beijing untuk Uni Eropa (UE) mengingatkan blok itu bahwa pasukan pimpinan Amerika Serikat (AS) membom kedutaan besarnya di Beograd selama serangan 1999 di Yugoslavia. China menyatakan tidak akan pernah melupakan pengeboman di Republik Federal Yugoslavia. 

"Kami tidak membutuhkan kuliah tentang keadilan dari para pelanggar hukum internasional. Orang-orang China dapat sepenuhnya berhubungan dengan rasa sakit dan penderitaan negara lain karena kami tidak akan pernah melupakan siapa yang telah mengebom kedutaan kami di," tegas jubir Beijing dikutip dari Russia Today, Kamis (17/3/2022). 

Mencap NATO sebagai “sisa Perang Dingin”, diplomat itu menyarankan bahwa organisasi tersebut perlu melakukan refleksi diri untuk memeriksa apakah kelompok itu berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas dunia, dengan ekspansi dan operasi militernya. 

Stoltenberg menargetkan China pada hari Selasa menjelang pertemuan darurat dengan Menteri Pertahanan NATO. Dia menyarankan Beijing harus bergabung dengan seluruh dunia dalam mengutuk keras invasi brutal Ukraina oleh Rusia. 

Ia juga mengatakan bahwa dukungan apa pun untuk Moskow sekarang akan membantunya untuk terus mengobarkan perang yang menyebabkan kematian, penderitaan, dan kehancuran yang sangat besar. 

“China memiliki kewajiban sebagai anggota Dewan Keamanan PBB untuk benar-benar mendukung dan menegakkan hukum internasional,” tambahnya. 

Serangan Rusia terhadap Ukraina, yang diluncurkan pada akhir Februari, sebagian dibenarkan oleh ekspansi NATO yang merayap. Moskow mengatakan itu menimbulkan ancaman yang meningkat terhadap keamanan nasionalnya yang harus dihilangkan setelah AS dan sekutunya menolak untuk mengurangi situasi secara damai. 

Rusia juga mengatakan harus melindungi pemberontak di timur Ukraina dari serangan lanjutan oleh pasukan pemerintah Ukraina. Beijing menyuarakan dukungan untuk integritas teritorial Ukraina, tetapi setuju dengan alasan Moskow, mengatakan bahwa ekspansi Eropa NATO jelas provokatif. 

China menolak untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan mengkritik negara-negara yang melakukannya, menyebut tindakan tersebut ilegal dan merusak ekonomi dunia. 

Sebuah pembom B-2 AS menyerang kedutaan besar China di Beograd sekitar tengah malam pada tanggal 7 Mei 1999, menewaskan tiga wartawan China dan melukai sekitar 20 orang. 

Penargetan dilakukan oleh CIA, yang kemudian mengklaim ingin memberikan koordinat untuk depot militer terdekat. Presiden AS saat itu, Bill Clinton, meminta maaf atas serangan tersebut dengan menyebutnya sebagai kecelakaan. 

NATO meluncurkan kampanye pengeboman 1999 terhadap Yugoslavia tanpa izin dari Dewan Keamanan PBB, di mana Rusia dan China memveto semua upaya. Aksi militer tersebut dibenarkan oleh kebutuhan untuk melindungi pemberontak di Kosovo dari serangan lanjutan oleh pasukan Yugoslavia.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut