get app
inews
Aa Read Next : Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan Aman, Warga Diimbau Tak Panic Buying

Pemerintah Izinkan Salat Berjamaah Tanpa Jarak, Masyarakat Diimbau Tetap Gunakan Masker

Sabtu, 26 Maret 2022 | 11:30 WIB
header img
Masyarakat diimbau tetap menggunakan maasker saat salat berjamaah.(Foto: iNews/Stefanus Dile Payong)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Keputusan pemerintah menghapus kebijakan jaga jarak saat salat berjamaah di masjid pada bulan Ramadan diharapkan tidak membuat masyarakat terlena. Sebaliknya, jamaah diminta tetap menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker mengingat pandem Covid-19 belum berakhir.

Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) M Ziyad mengatakan, umat Islam wajib tetap menjalankan protokol kesehatan saat menjalankan sholat tarawih dan salat lima waktu. Salah satunya tetap menggunakan masker, meskipun barisan saf telah kembali diperbolehkan rapat.  

"Karena pandemi belum dinyatakan selesai, maka ya protokol kesehatan masih penting. Minimal itu safnya tetap saling berdekatan tetapi bermasker," katanya ketika dihubungi, Jumat (26/3/2022).  

Ziyad mengatakan, momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Menurut dia, diperbolehkannya sholat Tarawih di masjid seharusnya dapat meningkatkan kualitas beribadah. Apalagi, dalam dua tahun terakhir, aktivitas di tempat ibadah dibatasi. 

"sholat tarawih meningkatkan kesalehan individu kita, kesalehan sosial kita, itu adalah bagian dari dimensi ibadah ini," ujarnya.

Terkait diperbolehkannya mudik, Zayid menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil langkah yang bijak. Hal itu dikarenakan, dapat membantu pemilihan ekonomi.  

"Saya kita sudah sewajarnya presiden mengambil keputusan bijak dan tepat karena memberi ruang untuk masyarakat bersilaturahmi  sekaligus terjadi mobilisasi kehidupan masyarakat dalam konteks ekonomi," tuturnya.  

"Masyarkaat verbagi dari kota ke pedesaan, kemudian memperkuat jalinan persaudaraan yang selama ini dilakukan virtual, sekarang itu ya dalam bentuk nyata," imbuhnya.  

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2022. Namun syaratnya harus vaksin lengkap dan booster. Dia juga mempersilakan masyarakat sholat tarawih berjemaah di Masjid selama Ramadhan. Menurutnya situasi kasus Covid-19 di Indonesia terus membaik. 

"Tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah sholat tarawih berjamaah di Masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Jokowi Rabu (23/3/2022). 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut