get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Rekam Jejak Teror Pentolan KKB Papua Toni Tabuni: Sasar Warga Sipil hingga Kabinda Papua

Rabu, 30 Maret 2022 | 18:40 WIB
header img
Toni Tabuni (24) pimpinan KKB Ndeotadi di Paniai ditembak mati Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz. (Foto: ist).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pentolan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Ndeotadi, Toni Tabuni (24) ditembak mati personel Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz karena melawan saat akan ditangkap di Kota Nabire, Selasa (29/3/2022). 

Sebelumnya, Toni Tabuni dikenal sebagai salah satu pimpinan KKB yang cukup keji saat beraksi khususnya di wilayah Paniai. Anggota TNI/Polri hingga masyarakat sipil pernah menjadi korban kekejiannya.

Baca juga: Jalan-jalan ke Kota Nabire, Pentolan KKB Papua Toni Tabuni Ditembak Mati

Yang paling menghebohkan adalah penembakan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Mayjen (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha. Bahkan, tenaga medis. 

Dirangkum iNewsKutai, berikut daftar 'dosa' Toni Tabuni sebelum akhirnya dilumpuhkan di Nabire: 

15 Mei 2020 : Melakukan penyerangan ke pos polisi (pospol) 99 Ndeotadi. Seorang anggota Polri yakni Briptu Cristian Palling luka bacok. Toni Tabuni juga membawa kabur dua pucuk senapan serbu SS1 2 pucuk dan satu AK 47 investaris pospol.

22 Mei 2020 : Terlibat dalam penembakan dua petugas Satgas Covid-19 Intan Jaya Alemalik Bagau dan Heniko Somau yang mengakibatkan keduanya meninggal dunia.

29 Mei 2020 : Toni Tabuni kembali menyasar masyarakat sipil di perbatasan Intan Jaya-Paniai. Korban atas nama Yunus Sani yang meninggal dengan luka tembak di kepala. Dia juga terlibat aksi penodongan terhadap masyarakat sipil di area tambang rakyat lokasi Dulang 45. 

25 April 2021 : Toni Tabuni diduga kuat terlibat dalam aksi penembakan yang menewaskan Kabinda Papua Alm Mayjen (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha gugur di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. 

29 Oktober 2021 : Terlibat pembakaran di Bandara Bilorai Intan Jaya tanggal .  

5 November 2021 : Terlibat kontak tembak dengan tim gabungan TNI Polri di Sugapa Intan Jaya. Korban atas nama Oce Belau meninggal dunia yang merupakan pasukan KKB Intan Jaya.  

19 Februari 2022 : Terlibat aksi Kontak tembak antara KKB Ilaga dengan Paskhas di Bandara Aminggaru. Korban atas nama Praka Firman Hermansyah sempat terluka. 

3 Maret 2022 : Penembakan terhadap personel satgas Yonif 408/Sbh Pos Koramil Dambet . Korban atas nama Pratu Heriyanto dengan luka tembak di leher dalam kondisi hidup. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut