get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Jalan-jalan ke Kota Nabire, Pentolan KKB Papua Toni Tabuni Ditembak Mati

Rabu, 30 Maret 2022 | 13:26 WIB
header img
Toni Tabuni (24) pimpinan KKB Ndeotadi di Paniai ditembak mati Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz. (Foto: ist).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Toni Tabuni (24) meregang nyawa setelah melakukan perlawanan saat akan ditangkap di Kabupaten Nabire, Selasa (29/3/2022) pukul 20.00 WIT.

Toni merupakan salah satu buruan utama  Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz lantaran terlibat dalam sejumlah rangkaian teror terhadap pasukan TNI/Polri maupun masyarakat sipil. Dia merupakan pimpinan KKB Ndeotadi Kabupaten Paniai.

Toni diduga kuat terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua almarhum Mayjend (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha hingga gugur di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak pada 25 April 2021 lalu.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan, sebelum ditangkap, pihaknya melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap Toni Tabuni dan anggota KBB lainnya di Kelurahan Siriwini, Nabire. 

“Saat dilakukannya penangkapan terhadap tersangka, terjadi perlawanan oleh tersangka Toni, sehingga personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas terhadap tersangka (MD)” kata Kasatgas Humas.

Informasi dirangkum iNews, penangkapan bermula dari hasil pantauan IT, Toni Tabuni diketahui bergeser dari Intan Jaya ke Nabire pada 26 Maret 2022. Dia turun bersama sejumlah pasukannya. 

Turut serta bersama mereka pasukan KKB dari Ilaga yg dipimpin Kasar Telenggen namun belakangan yang bersangkutan berhenti di Paniai. Rute perjalanan yang ditempuh mereka yakni dari Ilaga-Intan Jaya-Paniai-Nabire dan kembali ke Enarotali.  

Personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz kemudian melakukan penyelidikan untuk menangkap Toni Tabuni. Selanjutnya tim berhasil melakuakan profiling dan penyelidikan terkait lokasi persinggahan Toni Tabuni yang berada di Nabire pada tanggal 28 Maret 2022. 

Keesokan harinya, tim menangkap target namun Toni berusaha melawan sehingga dilakukan tindakan tegas yang mengakibatkannya meninggal dunia. Tim selanjutnya membawa jenazah Toni Tabuni ke RS Nabire untuk dilakukan visum. Saat ini jenazah dalam proses autopsi.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut