get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Rumor Jenderal Amerika Serikat Ditangkap Tentara Rusia di Mariupol, Ini Kata NATO

Sabtu, 09 April 2022 | 12:01 WIB
header img
NATO membantah kabar jenderal AS ditangkap di Mariupol, Ukraina. (foto: reuters)

BRUSSELS, iNewsKutai.id - Perwira tinggi Angkatan Darat Amerika Serikat  Letnan Jenderal Roger Cloutier Jr dikabarkan ditangkap tentara Rusia. Cloutier yang menjabat komandan Komando Darat Sekutu NATO disebut tertangkap di Mariupol yang saat ini tengah dikepung pasukan Kremlin.

Menyikapi kabar tersebut, markas besar Operasi Komando Sekutu NATO menyatakan jika berita penangkapan tersebut adalah palsu. Juru bicara NATO menyatakan tidak ada pasukan di bawah aliansi tersebut yang berada di Ukraina.

"Informasi itu sepenuhnya salah.Kunjungan terakhir Letnan Jenderal Cloutier ke Ukraina adalah pada Juli 2021 untuk melakukan pembicaraan staf darat di Kyiv guna memperkuat kemitraan NATO dengan pasukan Ukraina yang berani dan cakap,” tegas juru bicara NATI dikutip dari Washington Examiner, Sabtu (9/4/2022). 

Tidak jelas dari mana laporan itu berasal, meskipun beberapa pengguna mengaitkan berita tersebut dengan media Rusia, yang sering digunakan untuk menyebarkan propaganda. 

“Kami tidak akan berspekulasi mengenai sumber atau motivasi di balik rumor ini. NATO adalah aliansi defensif, dan NATO siap untuk mencegah agresi Rusia serta meyakinkan sekutunya bahwa wilayah NATO yang berdaulat akan dilindungi,” tambah perwakilan itu. 

Untuk memperkuat bantahan tersebut, NATO juga memposting di Facebook pada hari Selasa dari Kelompok Kerja Operasi Darat ke-46, yang bertemu di Izmir, Turki, dan itu termasuk foto komandan AS itu. 

Dia mengambil alih komando Komando Darat Sekutu pada Agustus 2020, dan sebelum itu, dia menjabat sebagai komandan Pasukan Tugas Afrika/Eropa Selatan Angkatan Darat AS, menurut halaman bio NATO-nya.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut