get app
inews
Aa Read Next : 5.126 Tenaga Pengamanan Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kota Samarinda

Alasan Sejarah, Gelora Kadrie Oening Jadi Nama Baru Stadion Madya Sempaja

Jum'at, 15 April 2022 | 07:34 WIB
header img
Kompleks Stadion Sempaja berubah nama menjadi Gelora Kadrie Oening. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Stadion Madya Sempaja di Jalan KH Wahid Hasyim Samarinda berubah nama menjadi Gelanggang Olahraga (Gelora) Kadrie Oening. Pergantian nama ini merunut pada sejumlah fasilitas serupa di seluruh Indonesia yang menggunakan identitas tokoh masyarakat maupun pahlawan. 

Kadrie Oening sendiri merupakan nama wali kota ke-3 Samarinda dan sangat berjasa mengembangkan Kota Tepian. Dia berhasil menambah luas wilayah Kotamadya Samarinda dari 169 kilometer persegi menjadi 2.727 kilometer persegi. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Agus Tianur mengungkapkan, pergantian nama tersebut sudah diproses dan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari Guburnur Kaltim Isran Noor.

"Sudah disetujui menjadi Gelora Kadrie oening, dan sekarang tinggal menunggu SK Gubernur, setelah itu akan dilakukan penandatanganan prasastinya,” jelas Agus Tianur, Kamis (14/4/2022).

Menurut Agus Tianur, pergantian nama Stadion Madya Sempaja menjadi Gelora Kadrie Oening didasari beberapa pertimbangan. Menurut dia, banyak stadion di Tanah Air yang menggunakan nama pahlawan, maupun tokoh masyarakat setempat, contohnya Gelora Bung Karno, Stadion Bojonegoro di Jatim, Stadion Siliwangi Bandung, Stadion Sultan Syarif Abdurrahman di Kalimantan Barat, Stadion Lukas Enembe di Papua, serta stadion lainnya di tanah air dengan nama pahlawan maupun ketokohan yang memang telah berjasa terhadap bangsa dan daerahnya.

“Atas persetujuan gubernur, kami menyurati pihak keluarga almarhum Kadrie Oening, untuk memohon persetujuan pengabadian nama almarhum, dan pihak keluarga sangat merespon dan berterimakasih untuk pemberian nama tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, Dispora Kaltim pengusulan perubahan nama tersebut sudah diajukan sejak November 2021 lalu. Sementara penganggaran pembuatan nama, kemudian sudah dikerjakan dan terpasang sejak Februari lalu.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut