get app
inews
Aa Read Next : Polda Kaltim Sita Ribuan Kosmetik tanpa Izin Edar di Pelabuhan Samarinda, Satu Orang Diamankan

Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Samarinda Diprediksi 8 Mei 2022

Sabtu, 07 Mei 2022 | 12:45 WIB
header img
Pelabuhan Samarinda terpantau masih sepi dari pemudik. Arus balik diprediksi mencapai puncaknya, Minggu (8/5/2022) besok. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Puncak arus balik melalui Pelabuhan Samarinda diperkirakan akan terjadi Minggu (8/5/2022) besok. Dua kapal cepat pengangkut penumpang dan kendaraan dijadwalkan tiba dari Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda Kompol Subari mengungkapkan, hingga hari ini, Sabtu (7/5/2022) belum ada pergerakan arus balik di pelabuhan lantaran mayoritas kapal baru bergerak menuju Kota Tepian.

"Belum ada pergerakan arus balik, untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (8/5/2022) besok,” jelas Kompol Subari dalam keterangannya, Sabtu (7/5/2022).

Kapolsek membeberkan, menurut informasi dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Samarinda, ada dua kapal penumpang dan barang dari Pelabuhan Parepare yang akan berlabuh. Namun, dia mengaku belum mengetahui pasti jadwal kedatangan kapal tersebut.

Selain, satu armada kapal pengangkut penumpang dan kendaraan akan diberangkatkan dengan tujuan Parepare. Sebagai persiapan menghadapi arus balik, pihaknya akan melakukan pengamanan preventif untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. 

Pihaknya juga melakukan kegiatan pengamanan dengan berpatroli di atas kapal bersama dengan Otoritas Pelabuhan. Termasuk mengecek sertifikat vaksin penumpang serta memberikan imbauan kepada pengguna jasa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Selain itu juga melakukan pengamanan pembelian tiket dan monitoring pelaksanaan penerapan aplikasi Peduli Lindungi serta pemberlakuan SE Satgas Covid-19 nomor 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut