get app
inews
Aa Read Next : Tangkap 10 Pengedar dan Kurir Narkoba, Polresta Samarinda Sita 3 Kilogram Sabu

Jelang Hari Raya Kurban, Pengawasan Pengiriman Hewan Ternak di Pelabuhan Samarinda Diperketat

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:50 WIB
header img
Pelabuhan Samarinda yang menjadi pintu masuk hewan ternak. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Polresta Samarinda akan melakukan pengawasan kesehatan hewan ternak yang masuk melalui Pelabuhan Samarinda. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Timur.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli mengungkapkan, pemantauan dan pengawasan hewan ternak dilakukan terutama dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H. Kebutuhan akan hewan kurban khususnya sapi diperkirakan akan meningkat signifikan.

"Untuk kasus PMK, perintah dari pusat jelas untuk melaksanakan lockdown pendistribusian sapi di daerah yang sudah terjangkit. Untuk itu, kami akan melaksanan pemantauan khusus, hewan kurban (sapi) yang datang dari luar Samarinda," jelasnya dikutip iNews Kutai, Sabtu (14/5/2022).

Ary Fadli mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan wali kota untuk penyusunan teknis pemantauan yang akan melibatkan Dinas Peternakan. Alasannya, kewenangan penanganan hewan ternak merupakan domain dari Pemkot.

"Khususnya pengawasan akan dilakukan di Pebuhan Samarinda dan saya juga sudah memerintahkan Polsek Kawasan Pelabuhan melakukan pendataan kapal yang membawa hewan-hewan tersebut. Untuk pemeriksaan kesehatan, akan dilakukan pihak terkait," pungkasnya.

Sekadar diketahui, wabah PMK kini menjangkit di Jawa Timur. Pemprov Kaltim sebelumnya sudah menyatakan akan menyetop pengiriman hewan ternak sapi dari daerah terjangkit.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut