get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Pentolan KKB Papua Pelaku Pembantaian 8 Pekerja Palapa Timur Telematika Lerinus Murib Tewas Ditembak

Senin, 30 Mei 2022 | 16:19 WIB
header img
Pentolan KKB Lerinus Murib tewas ditembak Satgas Damai Cartenz. (Foto: Dok/Ist)

JAYAPURA, iNewsKutai.id - Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua wilayah Ilaga, Lerinus Murib tewas ditembak Satgas Damai Cartenz, di Kabupaten Puncak, Jumat (27/5/2022). Dia diketahui merupakan salah satu pelaku pembantaian delapan pekerja Palapa Timur Telematika.

Anggota kelompok Bumunggur dan Titus Murib itu tertembak mati dalam kontak senjata dengan aparat TNI/Polri di pesta adat bakar batu di Lapangan Trikora. 

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan, sebelum kejadian, Satgas tengah berpatroli di wilayah tersebut. Namun tiba-tiba terdengar tembakan sehingga kontak senjata tidak terelakkan.

"Lerinus Murib tewas dalam kontak senjata saat personel Satgas Ops Damai Cartenz 2022, melakukan kegiatan patroli di sekitar lapangan Trikora saat tengah berlangsung acara bakar batu," jelasya, Senin (30/5/2022). 

Kamal menyebut Lerinus Murib terlibat dalam pembantaian karyawan dan warga sipil yang berada di kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 8 meninggal dunia.

Dia juga menjadi pelaku pembakaran tiga sekolah yakni SD, SMP dan SMA di wilayah Kampung Julukoma, Distrik Boega, Kabupaten Puncak pada 8 April2021. Dia juga meninggalkan jejak kriminal pada 4 Juni 2021 ketika terlibat aksi pembunuhan keji di Kampung Niporolome Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 5 warga tewas di antaranya Kepala Kampung Niporolome Patianus Kogoya.

Lerinus Murib juga terlibat dalam kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 3 personel TNI meninggal dunia. 

"Lerinus Murib juga membakar Kantor dan aset Perusahaan PT Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak. Total ada lima kasus dalam rangkaian tindak kriminalnya," jelas Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Dia menambahkan, jenazah Lerinus Murib dibawa langsung oleh warga dan kemudian dibakar sesuai adat setempat. Kabar kematian Lerinus juga sudah dikonfirmasi polisi dari keterangan warga setempat. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut