Cara Cek Obat Sirup Pemicu Gangguan Ginjal Akut, Bisa dari Handphone

Kevi Laras
Cara mengecek obat sirup yang memicu gangguan ginjal akut pada anak-anak melalui handphone. (Foto: Dok. BPOM RI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Cara mengecek obat sirup yang memicu gangguan ginjal akut pada anak-anak penting diketahui. Pengecekannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan menggunakan handphone (HP).

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah memastikan jika cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas pada ratusan obat sirup menjadi pemicu gangguan ginjal akut pada anak-anak. 

Saat ini, sudah ada sekitar 73 obat dalam bentuk sirup yang ditarik BPOM dan membekukan izin 5 perusahaan farmasi yang produknya melanggar aturan. Produk dari lima produsen ini banyak beredar di apotek hingga  rumah sakit.

Untuk itu, penting mengetahui cara mengecek produk obat sirup yang ditarik BPOM karena memicu gangguan ginjal akut. Simak cara berikut ini.

1. Tahap pertama adalah membuka laman https://cekbpom.pom.go.id/. Ini bisa dilakukan disemua device baik laptop, tablet, maupun handphone.

2. Jika laman terbuka, akan muncul tulisan "Cari Berdasarkan" dengan sejumlah pilihan. Silakan klik "Nama Produk" atau bisa klik Nama Pendaftar, contoh PT Samco Farma. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network