Wajib Tahu! Ini Syarat Berkurban Sesuai Syariat

Rilo Pambudi
Syarat berkurban sesuai syariat Islam. (Foto: ilustrasi/dok iNews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Syarat berkurban penting diketahui seiring makin dekatnya hari raya Idul Adha 1444 H. Alasannya, tidak semua orang serta merta bisa melaksanakan ibadah kurban.

Idul Adha yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah identik dengan berkurban. Umat Islam akan berlomba-lomba menjalankan ibadah kurban dengan menyembelih hewan berupa sapi atau kambing. 

Penyembelihan hewan qurban dilakukan pada 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Dilansir dari laman resmi Baznaz, Jumat (16/6/2023), kurban dalam bahasa arab berasal dari kata Qaraba, Yaqrabu, Qurbaanan yang memiliki arti mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Kurban adalah ibadah yang menunjukkan rasa syukur umat Muslim kepada Allah SWT dan bisa menjadi ciri keimanan seorang Muslim. Allah SWT berfirman: 

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ 

Artinya : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS:Al Hajj:37) 

Anjuran berkurban juga termaktub dalam Alquran surat Al Hajj ayat 34, Allah SWT berfirman: 

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ  

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34) 

Sesuai jadwal, pemerintah memperkirakan Idul Adha 1444 H jatuh pada 29 Juni 2023. Sementara, PP Muhammadiyah lebih dulu merayakannya pada 28 Juni 2023. 

Lalu, apa saja syarat berkurban pada hari raya Idul Adha yang wajib dipenuhi umat Islam? Simak ulasan berikut ini. 

Syarat Berkurban Sesuai Syariat

1. Muslim 

Ini merupakan syarat wajib karena berkurban pada hari raya Idul Adha adalah ibadah bagi umat Muslim. Karena itu, ibadah ini hanya berlaku bagi yang beragama Islam.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network