Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Ini Pekerjaan Rumah Mendesak PSSI

Abriandi
PSSI harus segera mempersiapkan timnas U-17 untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023 November mendatang. (foto: ilustrasi/pssi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17. Penunjukan ini membuat PSSI mendapat pekerjaan rumah (PR) mendesak yakni menyiapkan timnas Indonesia U-17.

Penunjukan sebagai tuan rumah membuat Indonesia secara otomatis mendapatkan jatah satu tiket tampil di piala dunia kelompok umur tersebut. Timnas Indonesia U-17 dipastikan akan tampil di ajang bergengsi tersebut.

Sayangnya, performa timnas U-17 bisa dibilang jauh dari kata memuaskan. Bahkan, mereka gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah kalah telak 1-5 dari Malaysia pada Oktober 2022 lalu.

Tim besutan Bimasakti itu sebelumnya sempat melambungkan asa lolos melalui mekanisme runner up terbaik meski kalah dari Malaysia yang menempati posisi puncak grup B kualifikasi Piala Asia U-17.

Selama kualifikasi Piala Asia U-17, timnas meraih tiga kemenangan masing-masing atas Guam, Palestina, Uni Emirat Arab dan hanya kalah dari Malaysia pada perebutan posisi juara grup.

Kini, timnas U-17 kembali dihadapkan pada tantangan lebih berat yakni piala dunia. PSSI hanya punya waktu sekitar empat bulan untuk mempersiapkan timnas dengan maksimal.

Sesuai jadwal, piala dunia yang awalnya akan digelar di Peru itu mulai bergulir pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. Waktu empat bulan wajib dimaksimalkan PSSI membentuk tim yang kuat agar tidak hanya menjadi penggembira di turnamen.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan jika FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 2023.

"Indonesia telah dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 pada tahun 2023," tulis Erick dalam unggahan akun Instagram-nya @erickthohir dikutip Jumat (23/6/2023) malam.

Erick berharap agar persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 bisa berjalan lancar.

"Semoga persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses, sehingga Indonesia dapat kembali membanggakan, harum namanya di dunia internasional," tulisnya lagi disertai foto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Pengumuman serupa juga disampaikan FIFA lewat akun Twitternya.

"Piala Dunia U-17 tahun ini akan digelar di Indonesia," tulis FIFA, Jumat (23/6/2023). 

Turnamen ini awalnya direncanakan digelar di Peru. Namun kemudian status tersebut dicabut karena Peru tidak siap dengan infrastruktur. Piala Dunia U-17 2023 rencananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network