Matah Ati, Panglima Pasukan Khusus Wanita Mangkunegaran yang Hancurkan Belanda, Begini Kisahnya!

Emanuel Yuswantoro/Rivo
Matah Ati, panglima Pasukan Khusus Wanita Mangkunegaran yang hancurkan Belanda hasil pencitraan Artificial Intelligence (AI) yang dibuat oleh akun Instagram @ainusantara. Foto: Instagram/@ainusantara

Diceritakan dalam puromangkunegaran.com, pasukan estri yang bergabung dengan pasukan Pangeran Sambernyawa menggunakan formasi setengah lingkaran untuk mengepung pasukan Belanda. Banyak korban yang gugur, dan darah mengalir di kawasan hutan perbukitan Selogiri.

Perang besar tersebut berakhir dengan kemenangan pasukan estri yang bersekutu dengan pasukan gerilya Pangeran Sambernyawa.

Siapakah Matah Ati, Panglima Pasukan Estri? Kehebatan Pasukan Estri Mangkunegara tidak lepas dari peran Pangeran Sambernyawa yang membentuknya. Diceritakan dalam puromangkunegaran.com, Pangeran Sambernyawa mewarisi semangat Sultan Agung dalam membentuk pasukan khusus wanita tersebut.

Pasukan khusus wanita ini, yang dijelaskan dalam puromangkunegaran.com, terdiri dari perempuan desa yang dilatih keprajuritan oleh Pangeran Sambernyawa.

Pasukan khusus wanita ini memiliki panglima wanita yang sangat tangguh dan pemberani, yaitu Matah Ati.

Matah Ati adalah istri Pangeran Sambernyawa. Dalam perjuangan melawan kolonial Belanda, Matah Ati setia mendampingi Pangeran Sambernyawa di medan perang yang sangat berbahaya. Matah Ati dikenal sebagai panglima pasukan estri yang tangguh dan pemberani.

Pasukan Estri terdiri dari prajurit yang mahir dalam menyanyikan tembang-tembang Jawa dengan suara merdu, serta lincah menari dengan iringan gamelan klasik. Selain itu, mereka juga ahli dalam berperang, terampil menggunakan berbagai jenis senjata, dan sangat mematikan di medan pertempuran.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network