Jadi Pemain Serba Bisa, Pelatih Ansaan Greeners Plot Asnawi Mangkualam Sebagai Penyerang

Basudiwa Supraja
Asnawi Mangkualam Bahar saat berkostum Ansan Greeners FC. Kabarnya dia siap dijajal di lini serang pada 2022 ini. (Foto: Twitter @KLeagueUnited)

ANSAN, iNews.id - Asnawi Mangkualam Bahar bakal mendapat peran baru di bawah pelatih baru Ansan Greeners FC, Cho Min-kook. Pemain asal Makassar itu akan dicoba sebagai penyerang sayap atau winger.

Sejak bergabung dengan klub kasta kedua Liga Korea Selatan itu pada Februari 2021 lalu, Asnawi memang kerap ditempatkan sebagai bek kanan. Peran ini sama dengan yang diembannya saat membela timnas Indonesia.

Sebelumnya, posisi asli Asnawi adalah gelandang bertahan ketika membela PSM Makassar. Kini, Cho Min-kook menyatakan akan menjajal pemainnya itu sebagai penyerang.  

“Saya akan menggunakan Asnawi sebagai penyerang. Saya berjanji tidak akan menggunakan Asnawi sebagai pemain bertahan,” ungkap Min-kook dalam sebuah wawancara bersama Sports-G pada Rabu (19/1/2022). 

Dia beralasan, pada posisinya saat ini sebagai pemain bertahan, Asnawi kesulitan di lapangan pertandingan karena terkendala bahasa. Mantan pemain Persiba Balikpapan itu memang belum fasih berbahasa Korea.

"Posisi pemain bertahan itu sangat butuh komunikasi. Ada saatnya harus overlapping atau screenplay. Karena Asnawi tidak bisa bahasa Korea, saya lihat dia kesulitan melakukan itu. Kasihan," ucap Min-kook.

Demi meningkatkan kemampuan menyerang Asnawi, Min-kook pun sudah menyiapkan dua peran baru. Nantinya Asnawi bisa dijadikan winger (penyerang sayap) atau shadow striker (penyerang bayangan/di belakang striker utama).

"Makanya kalau saya ada kesempatan memakai Asnawi, saya akan gunakan dia sebagai winger. Dia pemain yang kuat," pujinya. 

"Saya akan tetap membantu Asnawi untuk menaikkan attack point. Bisa jadi winger atau shadow striker," kata Min-kook lagi. 

Asnawi telah bergabung dengan Ansan sejak Februari 2021 lalu. Dia sukses menunjukkan penampilan yang mengesankan setelah diberikan lebih banyak menit bermain. Hingga saat ini pemain berusia 22 tahun itu telah tampil sebanyak 15 kali bersama Ansan. 

Dia berhasil menyumbangkan satu assist dalam laganya tersebut. Kehadiran Min-kook tentu membuat Asnawi akan semakin berpotensi mengembangkan bakatnya. Pelatih berusia 58 tahun itu pun tampaknya akan senang untuk menurunkan Asnawi di setiap laga. 

Jika benar akan dijadikan penyerang oleh Min-kook, bukan tidak mungkin Asnawi akan mencatatkan gol pertamanya untuk Ansan Greeners. Min-kook sendiri merupakan pelatih baru Ansan sejak ditunjuk pada November 2021 lalu. 

Dia menggantikan posisi pelatih sebelumnya, Kim Gil-sik. Perhatian Min-kook terhadap Asnawi sangat detail. Dia bahkan mengatakan Asnawi harus berkembang karena sudah jauh terbang ke luar negeri dan harus mendapatkan hasil yang lebih baik.

 “Asnawi perlu memberikan attack point untuk fans Indonesia. Dia sudah jauh ke luar negeri maka harus mendapatkan hasil yang lebih baik,” pungkasnya.
 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network