Organ Tubuh Puluhan Jenazah Warga Palestina Hilang, Diduga Dicuri Pasukan Israel

Syarifuddin/Abriandi
Organ tubuh puluhan jenazah warga Palestina hilang diduga dicuri pasukan Israel. (foto: al jazeera)

Laporan pencurian organ tubuh warga Palestina telah beredar dalam beberapa tahun terakhir. Dokter Israel Meira Weiss dalam bukunya Over Their Dead Bodies mengklaim jika organ diambil dari orang-orang Palestina yang meninggal antara tahun 1996 dan 2002.

Organ itu digunakan dalam penelitian medis di universitas-universitas Israel dan ditransplantasikan ke tubuh pasien Israel. Investigasi televisi Israel  pada 2014 mencakup pengakuan dari pejabat tinggi bahwa kulit diambil dari tubuh pekerja Palestina dan Afrika yang tewas untuk merawat warga Israel, seperti tentara yang mengalami luka bakar. 

Euro-Med Monitor mengklaim, Israel adalah salah satu pusat perdagangan ilegal organ tubuh manusia terbesar di dunia dengan dalih 'pencegahan keamanan. 

Mereka mendesak rezim kolonial rasis Israel mematuhi hukum internasional dan menegaskan perlunya menghormati dan melindungi jenazah selama konflik bersenjata. 

Konvensi Jenewa Keempat tahun 1949, yang belum diratifikasi Israel, mewajibkan para pejuang menghormati martabat orang yang meninggal, termasuk mencegah penjarahan, mutilasi, atau perlakuan tidak hormat terhadap jasad mereka. 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 01 Desember 2023

Editor : Abriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network