Taksi Terbang IKN Nusantara sudah Tiba di Balikpapan, Mulai Uji Coba Bulan Juli 2024

Emy Adawiyah
Taksi terbang milik Hyundai yang akan digunakan di IKN Nusantara sudah tiba di Kota Balikpapan. (foto: ilustrasi/businnes today)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Taksi terbang yang akan digunakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah tiba di Kota Balikpapan. Kendaraan mobilitas perkotaan sky taxi ini akan diujicoba di Samarinda, Juli mendatang.

Sesuai jadwal, uji coba taksi terbang akan dilakukan selama sebulan penuh di Bandara APT Pranoto Samarinda dan melalui serangkaian pengujian dan kajian kelayakan

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan, taksi terbang berjenis Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV) ini sudah tiba di Balikpapan sejak Kamis (09/05/2024) lalu. 

Kendaraan yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors Company (HMC) ini akan menjadi showcase di IKN Nusantara.

"Barangnya (taksi terbang) sudah sampai di Balikpapan, minggu besok dibuka kemudian dirakit, setelah dirakit nanti kita akan coba,"jelas Bambang Susantono dalam keterangannya dikutip Minggu (2/6/2024).

Dia menjelaskan, kendaraan uji coba yang dikirimkan dalam beberapa pallet tersebut saat ini sudah disimpan di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Sementara itu, baterai kendaraan berada di Jakarta dan direncanakan tiba di Kota Samarinda pada 6 Juni 2024.

Pembukaan pallet dan inspeksi akan dilakukan oleh Hyundai, Bea Cukai Kalimantan wilayah Timur, serta Otorita IKN di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, awal pekan ini.

Pembukaan tersebut menandakan tahap pengurusan izin impor sementara telah dimulai.

"Bisa lihat nanti. Uji coba dulu, kita lihat, uji cobanya bagus atau enggak nanti ada evaluasi tentang kinerja, evaluasi teknis di situlah saya mengharapkan teman-teman dari civitas akademika lokal juga dilibatkan," tuturnya.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network