Rangkaian HUT RI ke 79, BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka ke Pemprov Kaltim

Emy Adawiyah
Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. (foto: ist/adpim kaltim)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara resmi menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Pemprov Kaltimdi Balai Samudera Kelapa Gading, Senin (5/8/2024).

Penyerahan duplikat bendera pusaka dalam rangkaian persiapan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 itu dilakukan Kepala BPIP Yudian Wahyudi kepada Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Penyerahan disaksikan langsung Ketua Dewan Pengarah BPIP sekaligus Presiden ke 5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

"Bendera pusaka ini adalah lambang dari persatuan, semangat kebangsaan, dan komitmen kita dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan," kata Megawati dalam sambutannya dikutip dari laman Adpim Kaltim.

Dengan penyerahan duplikat bendera ini, dia pun berharap daerah lebih menguatkan tekad untuk memajukan daerah dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi yang mendalam atas penyerahan duplikat bendera pusaka tersebut.

Menurutnya, bendera tersebut tidak hanya menjadi simbol kebanggaan namun juga motivasi untuk terus memajukan Kaltim Timur dalam semangat persatuan dan gotong royong.

"Ini adalah kehormatan besar. Kami akan menjaga dan memaknai bendera ini sebagai simbol semangat untuk membangun Kaltim yang lebih baik dan ramah lingkungan, sesuai spirit kemerdekaan dan Pancasila," katanya.

Akmal menambahkan duplikat bendera pusaka akan dipergunakan dalam berbagai upacara resmi, terutama dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami akan memastikan bendera ini menjadi bagian dari setiap momentum penting, mengingatkan kita semua akan perjuangan dan cinta tanah air," tegasnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network