Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Diterbangkan dari ke Jakarta, Akan Dikirab ke IKN Nusantara

Jonathan Simanjuntak
Bendera merah putih dan teks proklamasi diterbangkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui Lanud Halim Perdanakusuma. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bendera merah putih dan teks proklamasi diterbangkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8/2024). 

Bendera dan teks proklamasi ini dibawa menggunakan pesawat jenis Boeing-737 milik TNI Angkatan Udara (AU) akan tiba di Balikpapan dan selanjutnya dikirab menuju IKN Nusantara.

Pantauan di lokasi, bendera merah putih dan teks proklamasi tiba di Lanud Halim Perdanakusuma dibawa oleh purnapaskibraka 2023, Kachina Ozora dan Keyla Azzahra.

Keduanya disambut paspampres dan puluhan purnapaskibraka lalu langsung menaiki pesawat tersebut. Kasetpres Heru Budi Hartono terlihat ikut menaiki pesawat itu. 

Pesawat akan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Bendera merah putih dan teks proklamasi dibawa ke Istana IKN dalam rangka upacara HUT ke-79 RI. 

Purnapaskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, bendera dan teks proklamasi akan diarak menuju Istana Negara di IKN.

Nantinya, setelah menginap di Istana Negara IKN, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada tim Paskibraka 2024 untuk dikibarkan pada upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network